Sukses

Deddy Corbuzier Hadirkan Pasangan Sejenis, Gus Miftah: Kalau Tujuannya Kampanye LGBT Saya yang Akan Lawan Pertama Kali

Deddy Corbuzier, dinasihati Gus Miftah, mengenai kehadiran pasangan LGBT yang menikah di Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier membuat heboh publik dengan menghadirkan pasangan menikah sejenis, Ragil Mahardika ke podcast miliknya. Sampai-sampai, ayah Azka Corbuzier kehilangan 8 juta followers gara-gara hal tersebut.

Rupanya, hal ini juga diamati oleh guru spiritualnya, Gus Miftah. Hingga akhirnya, pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji ini pun hadir di podcast muridnya untuk meluruskan masalah yang ada.

Pemilik nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo ini mengaku tak mengetahui mengenai pemahaman LGBT di Islam. Ia juga meminta maaf bila melakukan kesalahan.

"Ini fenomenanya ada, kontennya ada di mana-mana, gue juga pernah ngundang transgender, gue pernah ngundang LGBT lainnya. Tapi enggak ada masalah, tidak menjadi besar. Kenapa ini menjadi ramai? Gue salahnya dimana?" ungkap mantan mentalis, di podcast miliknya, Selasa (10/5/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nasihati

Gus Miftah mengaku tak heran dengan fenomena yang dialami Deddy Corbuzier. Lantaran, setiap pria berkepala plontos tersebut terkena masalah, ia selalu di-tag banyak orang.

"Nasihati tuh murid lo. Dan luar biasanya lagi akibat Deddy salah milih guru. Kan dulu gue pernah bilang 'Ilmu tanpa guru, gurunya setan'. Tapi salah milih guru, gurunya mbahnya setan. Persoalannya berarti kalau netizen salah milih guru, berarti gue setan dong," jawab Gus Miftah.

"Memang mungkin pandangan Deddy tentang LGBT mungkin literasinya mungkin yang sifatnya umum ya. Artinya bukan bersumber pada ayat atau hadis," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Fenomena Ada

Sebelum memberi penjelasan lebih dalam lagi, Gus Miftah pun bertanya alasan awal Deddy Corbuzier mengangkat tema tersebut.

"Pertama karena fenomenanya ada, dan kita enggak bisa nutupin fenomena ada. Bahkan banyak lah, Gus tahu lah ada selebriti-selebriti juga yang LGBT. Makanya pertanyaan pertama gue ke mereka, elo bisa enggak bikin gue gay. Kenapa? Karena gue enggak mau, karena gue streat," beber Deddy Corbuzier.

 

4 dari 5 halaman

Berpasangan

Gus Miftah pun menjelaskan panjang lebar mengenai Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan dengan jenis kelamin yang berbeda untuk memiliki keturunan, nyaman dan membuat rumah tangga sakinah, mawadah, warohmah.

"Jadi takdirnya seperti itu. Maka ketika kasusnya yang terjadi adam dan adam, atau hawa dan hawa, itu jelas dianggap menyimpang. Makanya kemudian kita lihat dalam surat Al-A'raf ayat 80-84. Pemahaman netizen mungkin ketika elo tampilin itu di podcast artinya elo menyetujui," tambahnya.

 

5 dari 5 halaman

Lawan Pertama Kali

Deddy Corbuzier pun diingatkan Gus Miftah untuk minta maaf kepada masyarakat karena telah membuat gaduh. Usai meminta maaf, Deddy juga menjelaskan bahwa ia tak ada niat untuk mendukung dan mengkampanyekan LGBT.

"Tadi saya diwawancarai wartawan, kalau tujuan Deddy mengkampanyekannya saya yang akan melawannya pertama kali. Saya yang akan marah pertama kali," beber Gus Miftah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.