Sukses

Polisi Tidak Sita Uang Penjualan Mobil Billy Syahputra yang Dibeli Petinggi DNA Pro

Uang hasil pejualan mobil Alphard Billy Syahputra tidak akan disita polisi.

Liputan6.com, Jakarta Billy Syahputra penuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk diperiksa terkait kasus robot trading DNA Pro, Kamis (28/4/2022). Adik Olga Syahputra dimintai keterangan terkait transaksi jual beli mobil Alphard-nya dengan salah satu petinggi DNA Pro, Steven Richard.

Selama kurang lebih 4 jam, pemilik nama asli Jhoni Rhoma Iskandar dicecar 17 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan seputar perkenalan hingga terjadinya transaksi jual beli mobil antara Billy dan Steven Richard.

"Antara November, Desember, Billy saat itu telah menjual mobilnya kepada tersangka," ujar Fachmi Bachmid kuasa hukum Billy SYahputra usai pemeriksaan.

Fachmi Bachmid menjelaskan, Mobil Alphard tersebut terjual seharga Rp 1 Miliar. Saat transaksi Steven Richard membawa uang tunai sejumlah tersebut dengan menggunakan koper besar.

"Seingat saya (harganya) Rp1 miliar dan itu sudah dimintai keterangan semua. Billy sudah menyampaikan bagaimana awal mulanya menjual mobil Alphard-nya itu," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Disita

Terkait transaksi tersebut apakah uang penjualan sebesar Rp 1 miliar akan disita polisi, Fachmi memastikan tidak adanya penyitaan. Sebab uang tersebut sudah masuk ke akad jual beli dan sudah menjadi kendaraan yang kini telah disita penyidik.

"Kan ada mobilnya dia sita. Jadi yang disita adalah mobilnya. Karena ini terjadi transaksi dan di dalam hukum keperdataan, jual beli benda bergerak itu adalah karena sudah terjadi penyerahan itu sudah Sah," kata Fahmi di Bareskrim Polri, usai pemeriksaan.

"Dan itulah yang disita oleh penyidik. Mobil yang didapatkan dari penjualan, bukan uangnya," lanjut Fahmi.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Kerjasama

Fachmi Bachmid menegaskan tidak ada kerjasama apapun antara Billy Syahputra dengan DNA Pro. Hanya ada transaksi jual beli dimana salah satu petinggi DNA Pro, Steven Richard membeli mobil kliennya dan sempat didokumentasikan Billy Syahputra dikanal YouTube-nya.

“Berawal dari postingan dia telah menyatakan bahwa ia akan menjual mobil saya. Sehingga tersangka itu menghubungi Billy dan terjadilah transaksi jual beli. Jadi Billy menjual mobilnya dan Steven membeli,” tutur Fahmi.

4 dari 4 halaman

Artis dan DNA Pro

Beberapa selebritis telah memenuhi panggilan penyidik terkait kasus DNA Pro seperti Ivan Gunawan, Yosi Project Pop, Nowela, Rizky Billar dan juga Lesti Kejora.

Saat menjalani pemeriksaan, Ivan Gunawan sekaligus mengembalikan uang sebesar Rp 1 miliar, upah pembayarannya sebagai brand ambassador DNA Pro selama tiga bulan.

Rizky Billar dan Lesti Kejora juga telah mengembalikan uang Rp 1 Miliar dari DNA Pro yang merupakan hadiah untuk kelahiran Baby L.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.