Sukses

Film Kamu Tidak Sendiri Gambaran Ketakutan dan Kecemasan Korban Bencana

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah bencana yang terjadi di dunia, selalu menyampaikan pesan kemanusiaan dan rasa empati. Begitupula yang dikisahkan dalam film Kamu Tidak Sendiri. Berlatar belakang terjadinya gempa, seorang perempuan bernama Mira terjebak dalam lift bersama lelaki yang baru dikenalnya bernama Miko.

Perkenalan yang unik tersebut menjadikan sebuah cerita tersendiri dalam film yang disutradarai Arwin Wardhana tersebut. Namun bukan hanya itu saja, bagi Ganindra Bimo, pemeran Mika, banyak pesan moral dalam film Kamu Tidak Sendiri.

"Pada dasarnya, manusia mahluk yang butuh sosialisasi, sentuhan dan berangkulan karena memang nggak bisa sendirian. Percuma kalau menang untuk diri sendiri, sementara kemenangan itu bisa diraih dengan kolaborasi dan elaborasi," ujar Ganindra saat berbincang santai dengan wartawan belum lama ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sederhana

Alur cerita film Kamu Tidak Sendiri disajikan sederhana. Lebih dari 80 persen gambarnya berlokasi di dalam lift. Dalam kondisi cemas dan rasa takut jiwa terancam, Mira dan Miko berusaha untuk bertahan hidup. Ganindra menggambarkan, apa yang terjadi di dalam lift, seperti yang saat ini dihadapi masyarakat dunia akibat pandemi.

"Seperti saat ini, kapan kondisi seperti ini (pandemi) bisa berakhir, kapan kita bisa hidup normal lagi seperti sebelumnya. Di film ini pun sama, kita nggak pernah tahu, kapan tim penyelamat datang. Ini membuat mode bertahan hidup seorang manusia itu otomatis tombolnya menyala," ujar Ganindra.

 

3 dari 4 halaman

Siap

"Kita semua harus siap dengan tombol bertahan hidup tersebut, karena nggak ada yang tahu kapan bencana akan datang. Tidak bisa hidup dalam zona nyaman, jadi harus siap dan bisa saling berangkulan dengan orang lain," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Harapan

Masih menurut Ganindra, ketakutan dan kecemasan dalam sebuah bencana itu, dapat diatasi oleh harapan. Harapan itu akan selalu ada dalam setiap momen bencana.

"Ya, musuhnya ketakutan adalah harapan. Ketika menghadapi ketakutan, yang bisa menenangkan itu adalah harapan," ujar Ganindra.

Dalam film Kamu Tidak Sendiri, Ganindra Bimo beradu akting dengan Adinia Wirasti. Aktor terkenal lainnya, Rio Dewanto ikut ambil bagian dalam film yang diproduksi MNC Pictures tersebut. Film Kamu Tidak Sendiri dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada 17 Februari 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS