Sukses

Giring Ganesha Berstatus Mahasiswa Drop Out dari Kampus yang Pernah Dipimpin Anies Baswedan

Giring Ganesha jadi perbincangan karena melontarkan sindiran yang diduga ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Giring Ganesha jadi perbincangan karena melontarkan sindiran yang diduga ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sindiran itu diungkapkan Giring eks Nidji dalam orasi politik di perayaan ulang tahun ke-7 PSI, 22 Desember 2021.

Pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan sindiran itu di hadapan Presiden Joko Widodo, yang ikut menghadiri acara tersebut. "Kemajuan kita akan terancam, jika kelak orang yang akan menggantikan Pak Jokowi adalah sosok yang punya rekam jejak menggunakan isu SARA," kata dia berapi-api.

"Dan menghalalkan segala cara untuk menang dalam pilkada. Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus bekerja," kata Giring yang disorot warganet karena menduga menyampaikan kalimat tersebut untuk menyindir Anies.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dikritik Warganet

Warganet di jagat maya memberi kritik pedas bagi pelantun lagu "Laskar Pelangi" dan "Jangan Lupakan" saat berorasi di hadapan Presiden Joko Widodo. Sampai-sampai, warganet menelisik rekam jejak suami Cynthia Riza di dunia akademisi.

3 dari 5 halaman

Mahasiswa Drop Out

Giring bahkan diketahui sebagai mahasiswa yang di-drop out (DO) oleh kampusnya. Hal ini dicuit akun @EnggalPamukty di Twitter pada Senin (27/12/2021). 

"DO kuliah jadi OD @Giring_Ganesha Tepat julukan yg disematkan oleh bg @GeiszChalifah Grinning face with smiling eyesFlag of Indonesia," tulisnya.

4 dari 5 halaman

Universitas Paramadina

Akun tersebut juga membagikan hasil penelusurannya di website https://pddikti.kemdikbud.go.id terkait status Giring sebagai mahasiswa Universitas Paramadina. Di kampus yang pernah dipimpin Anies Baswedan sebagai rektor, Giring mengambil jurusan Hukum Internasional.

5 dari 5 halaman

Anies Baswedan Sebagai Rektor

Anies Baswedan menjadi rektor Universitas Paramadina sejak Mei 2007. Diketahui, saat Giring mengenyam pendidikan di Universitas Paramadina, Anies masih berstatus sebagai rektor di kampus tersebut. 

Giring dinyatakan dikeluarkan alias drop out dari Universitas Paramadina pada semester ganjil tahun 2011

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.