Sukses

5 Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme yang Bisa Ditonton di Vidio

Deretan film-film bertema nasionalisme yang bisa ditonton di platform streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 jatuh pada Selasa, (17/8/2021). Tentu banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperingatinya selain mengikuti upacara bendera secara daring.

Hal ini mengingat kondisi pandemi yang masih belum mereda di Indonesia. Kendati demikian, masih ada cara lain untuk merayakan HUT ke-76 RI dengan menyaksikan film-film nasionalisme dan juga sejarah Tanah Air.

Lewat film nasionalisme karya para sineas bangsa, kita bisa belajar sejarah sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban meraih kemerdekaan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film nasionalisme yang bisa Anda saksikan melalui platform streaming Vidio. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film ini mengisahkan tentang Soekarno dan rekan-rekannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka, Ario Bayu didapuk untuk memerankan karakter Sang Proklamator.

Menampilkan pidato-pidato Soekarno yang disampaikan dengan penuh semangat, film ini juga menampilkan kisah saat Soekarno dan kawan-kawannya diasingkan hingga detik-detik kemerdekaan Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Gie

Untuk film yang satu ini mungkin sudah jauh setelah Indonesia merdeka. Namun, bukan berarti film Gie tak bisa dimasukan ke dalam daftar tontonan Anda. Film Gie menceritakan perjuangan tokoh berpengaruh Soe Hok Gie.

Melalui film ini, sosok Gie yang dibintangi Nicholas Saputra digambarkan sebagai seorang aktivis yang mengajak masyarakat Indonesia lebih kritis dalam melihat permasalahan bangsa yang terjadi pasca-kemerdekaan.

4 dari 6 halaman

3. Kartini

Film tentang tokoh sejarah selanjutnya adalah Kartini. Kembali ditangani Hanung Bramantyo, film ini mendapuk Dian Sastro Wardoyo sebagai pemeran R.A Kartini.

Sebagaimana diketahui, Kartini adalah sosok pahlawan yang berjuang dalam menyuarakan kesetaraan gender untuk para kaum wanita. Salah satunya adalah hak pendidikan yang setara dengan pria.

Selain memperjuangkan emansipasi wanita, Kartini juga berusaha menciptakan lapangan pekerjaan untuk kaum hawa pada masanya. Film Kartini dapat Anda jadikan referensi tontonan untuk menghabiskan waktu libur di rumah.

5 dari 6 halaman

4. Sang Kiai

Film Indonesia tentang sejarah yang berikutnya mengambil latar waktu di zaman penjajahan Jepang di tahun 1942. Seperti judulnya, Sang Kiai merupakan film perjuangan para ulama Indonesia melawan tentara Nippon.

Film Sang Kiai berpangkal pada cerita sosok K.H. Hasyim Asyari yang diperankan Ikranagara. Diceritakan tokoh besar agama itu menolak melakukan Sekerei atau sikap hormat ke arah matahari terbit, karena tindakan tersebut menyimpang dari akidah Islam.

Salah satu santrinya, Harun (Adipati Dolken) menghimpun kekuatan santri lain demi menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asyari. Mereka juga berjuang demi merebut kembali hak-hak bangsa Indonesia yang saat itu dilarang oleh pemerintah Jepang.

6 dari 6 halaman

5. Sang Pencerah

Jika film Sang Kiai menceritakan K.H. Hasyim Asyari, maka kali ini ada kisah dari K.H. Ahmad Dahlan. Sosok pendiri Muhammadiyah itu diperankan oleh Lukman Sardi dalam film Sang Pencerah.

Film ini lagi-lagi merupakan karya Hanung Bramantyo yang sangat kental dengan nilai toleransi beragama. Atmosfer era 1800-an pun sangat terasa dalam film yang rilis pada 2010 ini. Meskipun masih jauh dari era kemerdekaan, namun semangat perjuangan lepas dari penjajahan di film ini sangat kental terasa.

Itu tadi 5  film Indonesia bertema nasionalisme yang bisa ditonton untuk mengisi waktu libur HUT ke-76 RI Anda di rumah. Seluruh film tersebut dapat disaksikan melalui platform streaming Vidio secara legal.

Nah, kira-kira film mana yang mau Anda tonton terlebih dahulu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.