Sukses

Penyebar Isu Ji Soo Lakukan Kekerasan Seksual Ternyata Bohong, Ngaku Tertekan Jelang Wamil

Penuduh Ji Soo minta keringanan, karena dua alasan. Salah satunya karena ibunya sakit kanker.

Liputan6.com, Seoul - Lama tak terdengar kabarnya, kini ada informasi terbaru mengenai Ji Soo. Dilansir dari Soompi, Rabu (7/7/2021), kuasa hukum aktor Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dari firma Shin & Kim memberi penjelasan soal tuduhan kekerasan seksual yang ditimpakan kepada kliennya.

Dalam pernyataan resminya, disampaikan bahwa tuduhan terhadap aktor Korea ini ternyata merupakan fitnah. Dijabarkan pula kronologi atas tuduhan ini.

"Pada Maret 2021, sebuah unggahan bohong mengklaim bahwa pihak klien "melakukan kejahatan seksual" pada masa lalu, diunggah di sejumlah komunitas online secara anonim," begitu awal pernyataan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Banyak Tuduhan

Dalam unggahan ini diklaim bahwa pada masa lalu, Ji Soo melakukan kekerasan seksual kepada istri dari pengirim tudingan ini. Sang penuduh lantas menghubungi agensi eks bintang River Where the Moon Rises, lalu mengakui bahwa tuduhan ini keliru.

Namun di luar unggahan ini, ada postingan lain yang terus beredar dan menyebar tanpa diverifikasi kebenarannya.

"Alhasil, klien membuat laporan pidana atas penulis unggahan palsu ini untuk meluruskan informasi dan memunculkan kebenaran," kata mereka.

3 dari 6 halaman

Akui Kebohongan

Penelusuran terhadap alamat IP dilakukan, dan akhirnya baru-baru ini ditemukan siapa pelakunya, yang ternyata tak punya hubungan dengan Ji Soo.

"Penulisnya adalah seorang tentara yang belum lama masuk wamil, dan dia mengakui bahwa ia menulis unggahan itu, dan konten di dalamnya semua bohong," kata tim pengacara.

 

4 dari 6 halaman

Minta Keringanan

Sang pelaku kemudian mengirim surat permintaan maaf dari pusat pelatihan militer, dan menjelaskan bahwa berita bohong ini ia tebar karena mengalami kepanikan jelang masuk wamil.

Ditambahkan, "Ia memohon keringanan, karena saat ini sedang menjalani wamil dan ibunya sedang berjuang melawan kanker."

 

5 dari 6 halaman

Buru Penulis Isu Lain

Karena kondisi ini, dan ia sendiri juga akan segera masuk wamil, akhirnya Ji Soo menerima permohonan maaf ini dan memberi keringanan.

"Namun, sebagian besar penulis unggahan palsu lainnya langsung menghapus tulisannya setelah membuat kehebohan di internet, dan sekarang bersembunyi. Kami tak akan memberi keringanan untuk para penulis ini dan akan terus menempuh jalur hukum."

6 dari 6 halaman

Soal Kekerasan Masa Sekolah

Tim kuasa hukum juga menyebut bahwa terdapat banyak unggahan mencurigakan berisi tentang kekerasan masa sekolah yang dilakukan Ji Soo. Aktor 28 tahun ini telah menggugat orang yang pertama menulisnya, dan pengadilan juga sudah mengabulkan permohonan pencarian dan penggeledahan untuk menemukan pelakunya.

Untuk kasus ini, kata pihak kuasa hukum, investigasi masih terus dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.