Sukses

Pengalaman Selebgram Rafi Indistira Menjadi Trader Muda di Dunia Investasi Kripto

Liputan6.com, Jakarta Rafi Indistira dikenal sebagai selebgram dan juga trader profesional. Pria kelahiran 2001 ini sudah terjun ke dunia investasi kripto sejak duduk di bangku sekolah menengah. Lamanya ia mendalami kripto, membuat Rafi menjadi trader yang jeli dalam menganalisa fundamental aset. 

Rafi Indistira menceritakan, apapun apapun jenis investasinya, akan selalu ada risiko di belakangnya. Tapi besar kecilnya risiko itu tergantung bagaimana cara menjalankannya.

Sama halnya dengan investasi Cryptocurrency atau mata uang kripto yang dikenal memiliki risiko tinggi. Bisa jeli dalam analisa, maka tak menutup kemungkinan akan mengurangi tingkat kerugian.

“Awalnya sering minus, bahkan sampai rugi belasan juta. Tapi setelah belajar selama ini jadi bisa mengolah emosi dan semakin jeli dalam melihat koin mana saja yang memiliki fundamental yang baik," ujar Rafi Indistira dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

2 dari 4 halaman

Pesan

Pemilik akun Instagram @rafiindistira itu memiliki pesan untuk para pemain baru untuk mengenal istilah DWYOR alias Do With Your Own Risk sebelum terjun investasi kripto. Sebab, mengamini termasuk bisnis yang high risk high return pada kripto yang memiliki risiko tinggi namun keuntungan yang didapat juga tak kalah besar. 

“Tapi ingat, dalam kripto kita mengenal DWYOR Do With Your Own Risk, jadi jangan asal sembarangan masuk tanpa pengetahuan tentang kripto yang cukup," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Mengenal

Selama proses belajar investasi kripto, secara bersamaan Rafi juga mulai mengenal Airdrop dari @AirdropfindX dan @TheCryptofather di telegram. Sejak itu, cuannya semakin meningkat bahkan bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta dari Airdrop. 

Airdrop adalah distribusi token atau koin cryptocurrency yang biasanya gratis, ke berbagai alamat dompet. Airdrop terutama diimplementasikan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan pengikut baru, menghasilkan basis pengguna yang lebih besar dan pembayaran koin yang lebih luas.

Ada dua cara Airdrop mendistribusikan token mereka: dengan memilih penerima secara acak, atau dengan mempublikasikan acara di papan buletin atau buletin terkait Airdrop. Pemain Cryptocurrency dapat memperoleh cryptocurrency gratis dengan mendukung proyek yang melepaskan koin melalui Airdrop.

"Dan alhamdulillah hingga kini saya bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta dari Airdrop," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Ketidaksengajaan

Rafi sendiri mengenal kripto mulanya dari ketidaksengajaan. Pria yang memiliki hobi fotografi ini pertama kali memakai kripto untuk membeli hosting pembuatan website miliknya. 

"Awalnya menggunakan kripto untuk membeli hosting bikin website, namun sejak kenal beberapa teman yang main kripto aku jadi ikut belajar bagaimana caranya trading di kripto," paparnya.

Sampai saat ini, Rafi masih aktif menjalankan investasi kripto miliknya. Ia berharap bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi dan ingin anak-anak muda semakin banyak yang tertarik terjun ke dunia kripto dengan catatan siap berisiko dan berpengetahuan yang memadai.