Sukses

Sam Smith Ulang Tahun ke-29, Ini 6 Hit Besar Penyanyi Peraih Piala Oscar dan 4 Grammy Award

Liputan6.com, Jakarta Sam Smith merayakan ulang tahun ke-29 pada Rabu (19/5/2021). Kesuksesan singer-song writer kelahiran London ini melewati proses berliku. Album perdananya tak serta merta sukses.

In The Lonely Hour dirilis dengan single andalan “Lay Me Down” dan “Money on My Mind.” Namun, namanya baru mendunia setelah single ketiga dilepas ke pasar, yakni “Stay With Me.”

Ia menjadi salah satu dari segelintir penyanyi yang sukses menyandingkan Piala Oscar dan Grammy Award. Selamat ulang tahun Sam Smith. Inilah 6 hit besar sang biduan.

 

2 dari 7 halaman

1. Lay Me Down

Publik tampak kurang siap menerima “Lay Me Down” yang dirilis Sam Smith pada Februari 2013. Buktinya, tembang sendu ini hanya mampu mencapai posisi ke-46 di tangga lagu Inggris. Ia bahkan gagal menembus Billboard Hot 100.

Waktu menguji kelanggengan karya Sam dan Elvis Smith bareng James Naiper ini. Dirilis ulang pada Februari 2015, “Lay Me Down” bertengger di posisi ke-8 Billboard Hot 100.

 

3 dari 7 halaman

2. Stay With Me

Mau versi solo atau duet dengan Marry J. Blide, “Stay With Me” sama enaknya. Nomor ini jadi hit besar yang mengantar Sam Smith beroleh pengakuan dunia termasuk empat Piala Grammy Award.

“Stay With Me” dinobatkan sebagai Rekaman Tahun Ini dan Lagu Tahun Ini. Album In The Lonely Hour diganjar Album Pop Terbaik. Lewat tembang ini pula, Sam Smith digelari Pendatang Baru Terbaik.

 

4 dari 7 halaman

3. I’m Not The Only One

Ada saja cara Sam Smith mengekspresikan ketidakberuntungan dalam cinta tanpa tampak berdarah-darah. “I’m Not The Only One” disebut kritikus majalah Rolling Stone AS sebagai “memar yang indah.”

Kritikus lain menyebut ini titik balik dari sebuah album debut. Diambil dari sudut pandang orang pertama, lagu ini menceritakan Sam Smith tahu kekasih mendua meski yang dicintai tak menyadarinya.

 

5 dari 7 halaman

4. Writing's on the Wall

Lagu tema film James Bond Spectre ini disebut sebagai balada raksasa dari jagat sinema 007. Terasa mendayu dan sepintas kurang cocok untuk Bond yang flamboyan sekaligus dingin. Namun, “Writing's on the Wall” punya klimaks berupa signature getar vokal Sam.

“Writing's on the Wall” menjadi soundtrack James Bond kedua yang meraih Piala Oscar Lagu Tema Terbaik setelah “Skyfall” milik Adele. Sebelumnya, Sam Smith meraih Golden Globe Award untuk kakegori yang sama.

 

6 dari 7 halaman

5. Too Good at Goodbye

“Too Good at Goodbye” menandai kembalinya Sam Smith dengan album penuh bertajuk The Thrill of It All, setelah tiga tahun absen. Cukup berisiko untuk penyanyi yang baru punya satu album.

Untungnya, lagu ini direspons positif kritikus maupun penikmat musik. Bertengger di puncak tangga lagu Inggris, “Too Good at Goodbye” juga sukses menembus lima besar Billboard Hot 100. Sayang, Grammy Awards berpaling dari album ini.

 

7 dari 7 halaman

6. Dancing with a Stranger

Sam Smith dikenal luwes saat berduet dengan penyanyi pria maupun wanita. Salah satu buktinya ada di “Dancing With a Stranger,” yang kemudian difiturkan di album Love Goes (2020).

Berduat dengan Normani, “Dancing With a Stranger,” sukses secara komersial dan mendapat kritik positif. Harmoninasi vokal Sam dan Normani adalah kunci yang mengantar tembang ini jadi nomor soul yang terasa sensual di kuping juga hati.