Sukses

Tabungan Ludes, Ustaz Solmed Jual Mobil hingga Pakaian Bekas

Cerita Ustaz Solmed soal krisis ekonomi selama pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - April Jasmine dan Ustaz Solmed sempat mengalami krisis ekonomi pada awal masa pandemi Covid-19. Tabungan dai kondang ini bahkan habis tak bersisa.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, Ustaz Solmed bahkan harus meminjam uang dari April Jasmine.

"Saya sampai harus meminjam uang kepada April hanya perkara 200 ribu saya pinjam duit di masa pandemi. Saya pinjam uang Rp 500 ribu buat biaya berobat ibu saya karena tidak punya lagi tabungan saat pandemi," kata dia dikutip dari YouTube Indosiar, Selasa (4/5/2021).

Ayah tiga anak ini pun kagum melihat kemurahan hati April Jasmine yang bersedia mengeluarkan uang demi membantu perekonomian keluarga. Padahal bisa saja April menolaknya.

"Andai saat itu April, ketika saya minta lalu mengatakan 'Saya tidak punya uang' saya tidak punya kuasa apa-apa untuk memaksanya. Tapi dia mengeluarkan semua tabungannya untuk men-support saya agar saya bisa bertahan di tengah kebingungan, kebimbangan," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jual Barang

Ustaz Solmed melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kembali perekonomian keluarganya. Ia bahkan sampai menjual barang-barang pribadinya, dari yang sederhana hingga yang berharga.

"Dari Maret sampai Oktober mobil saya jual, tagihan orang datang ke rumah saya pergi hanya untuk buat makan. Saya jual face shield, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Bangkit

Hingga perlahan perekonomiannya mulai bangkit berkat pertolongan Sang Pencipta lewat tangan salah satu temannya.

"Dan pada akhirnya saya dipertemukan dengan Syekh Abdul Malik yang alhmadulillah kami bangkit, semangat dan itu semua adalah ujian. Selama delapan bulan kita tidak tahu apa yang akan terjadi," tutur sang Ustaz. 

4 dari 4 halaman

Tak Cerita

Meski berada dalam keadaan susah, namun Ustaz Solmed bertekad untuk tak menceritakan kemalangannya itu pada orang lain.

"Tidak ada yang tahu mungkin satu Indonesia. Dan saya selalu melarang istri saya, jangan pernah cerita apa pun soal perkara hidup kita," ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.