Sukses

5 Ayat Pertama dalam Alquran dan Perintah Untuk Membaca

Surah Al Alaq sendiri terbilang pendek, hanya 19 ayat dan masuk dalam juz 30 dalam Alquran. Namun, makna yang dikandungnya amat besar.

Liputan6.com, Jakarta Kitab suci Alquran diturunkan kepada mereka yang mau menggunakan akal pikirannya. Hal itu terbukti dari 5 ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

5 ayat pertama Alquran itu berada dalam surah Al Alaq ini berisi seruan bagi umat Islam untuk membaca, merenungi, dan menghayati ciptaan Tuhan. Surah ini berada di urutan ke-96 dalam Alquran, dan termasuk dalam kategori surah Makkiyah.

Surah Al Alaq sendiri terbilang surah yang cukup pendek. Hanya mengandung 19 ayat dan masuk dalam juz 30 dalam Alquran. Namun, makna yang dikandungnya amat besar.

5 ayat pertama surah Al Alaq ini diturunkan saat malam Lailatul Qadar bulan suci Ramadan. Saat itu, Nabi Muhammad menggigil disertai gemetar di dalam Gua Hira ketika ayat ini turun.

Malam diturunkannya ayat pertama ini disebut dengan malam turunnya Alquran atau malam Nuzulul Quran. Biasanya, malam tersebut diperingati dan dirayakan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia dari Allah berupa Alquran.

Malam peringatan turunnya Alquran itu biasanya digelar pada malam ke-17 di bulan suci Ramadan. Diperingati dengan pembacaan ayat-ayat suci sebagai momen penghayatan atas kandungan nilai-nilai luhur di dalamnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Ayat Pertama dalam Alquran

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah

ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah

ٱلَّذِى عَلَّمَ بِٱلْقَلَمِ

Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam

عَلَّمَ ٱلْإِنسَٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.