Sukses

6 Fakta Ussy Sulistiawaty dan 8 Orang di Rumahnya Positif Covid-19, Berawal dari Tenggorokan Gatal dan Anak Batuk

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty mengonfirmasi dirinya dan delapan anggota keluarganya di rumah terpapar Covid-19. istri Andhika Pratama sudah merasakan gejala yang memang identik dengan virus Covid-19. Namun saat itu, ia masih berpikir jika gejala ringan yang dialaminya bukan karena virus.

"Semua ini bermula di tanggal 24 Maret 2021, itu hari Rabu. Pada hari Selasa malam tiba-tiba aku ngerasa leher aku itu kaya gatal, tapi bukan batuk. Kaya gatal aja gitu. Aku awalnya santai gitu karena awalnya aku pikir ya sudahlah aku abis makan snack-snack kali," Ussy Sulistiawaty membeberkan.

Dalam video tersebut, Ussy Sulistiawaty menceritakan secara jelas awal mula merasakan gejala Covid-19. Setelah malam harinya merasakan gejala batuk ringan, pada pagi harinya, Sheva anak kedua Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama, batuk tiba-tiba dan membuat ia menjadi panik.

Berikut, 6 fakta Ussy Sulistiawaty bersama delapan anggota keluarganya terpapar Covid-19 yang dirangkum Liputan6.com

2 dari 7 halaman

1. Periksa ke Dokter

Setelah mengetahui Sheva batuk, Ussy Sulistiawaty dan buah hatinya langsung pergi periksa ke dokter umum. Sang dokter menuturkan bahwa Ussy Sulistiawaty hanya menderita radang, sementara Sheva hanya batuk biasa.

“Waktu ke dokter, dokter bilang aku ke radang, radang tenggorokan. Terus aku tanya harus PCR nggak, Dok, terus dokternya bilang nggak perlu, minum obat aja karena tenggorokan aku memang merah. Sheva pun di dokter anak yang lain dikasih obat flu, batuk, dan lain-lain tapi enggak perlu pakai antibiotik katanya gitu karena ini batuk biasalah, batuk normal," Ussy Sulistiawaty mengisahkan.

3 dari 7 halaman

2. Batuk Tak Berhenti

"Malamnya itu kita sudah mulai tidur pisah. Jadi bukan di tempat tidur ramai-ramai, jadi aku di bawah sama Saka. Sheva di atas sama Andhika sama Elea. Nah mulai malam aku mulai batuk, aku berpikir obat yang dikasih paginya itu untuk memancing batuk agar keluar," Ussy Sulistiawaty menuturkan.

Kamis malam, Ussy Sulistiawaty menjelaskan bahwa ia menderita batuk yang tak kunjung berhenti saat dirinya sedang tidur, begitu juga dengan Sheva. Pada Jumat pagi, Ussy Sulistiawaty kembali khawatir dan memilih untuk pergi ke dokter untuk memeriksa kondisi terbarunya.

4 dari 7 halaman

3. Positif Covid-19

Saat pergi ke dokter untuk kedua kalinya, Ussy Sulistiawaty memilih untuk melakukan PCR. Siang harinya, Ussy Sulistiawaty kembali menghubungi pihak rumah sakit untuk menanyakan hasil PCR.

"Tiba-tiba aku telepon dulu, aku telepon Sus sudah belum ya ini hasilnya, hasil swab PCR tadi pagi. Tiba-tiba 'Maaf bu positif'. CT nya aku waktu itu 20. Ketika aku tahu aku positif itu badan aku kaya ditarik ke bawah, kaya berat gitu badan aku," Ussy Sulistiawaty mengungkapkan.

5 dari 7 halaman

4. Andhika Pratama Positif

Hal ini dipaparkan Ussy Sulistiawaty melalui saluran YouTube Ussy Andhika Official berjudul Badai Itu Akhirnya Menghantam Keluarga Ku, 8 Orang Positif yang tayang 14 April 2021.

Ussy Sulistiawaty memutuskan untuk melakukan tes PCR lagi di laboratorium lainnya bersama Andhika Pratama. Malam harinya, semua orang yang berada di rumah Ussy Sulistiawaty melakukan tes PCR termasuk anak-anak 

"Jam 2 pagi Andhika ketok-ketok, bilang kita positif di lab yang satunya lagi," Ussy Sulistiawaty menambahkan.

6 dari 7 halaman

5. ART Juga Positif

Sementara itu, tes PCR yang dilakukan pada malam harinya untuk semua anggota keluarga di rumah Ussy Sulistiawaty, terdapat satu orang yang positif yang bernama Mbak Nisa.

"Yang PCR malamnya itu anak-anak, mbak-mbak semuanya keluar. Satu positif namanya Mbak Nisa yang biasa megang Saka. Mbak Nisa positif, yang lainnya negatif Alhamdulillah," Ussy Sulistiawaty menuturkan.

7 dari 7 halaman

6. Tiga Anggota Keluarga Lainnya Positif

Ussy Sulistiawaty bersama Andhika Pratama langsung melakukan isolasi mandiri setelah dinyatakan positif. Begitu juga dengan anggota keluarganya yang lain. Hingga kemudian, mereka mendapati informasi tiga anggota keluarganya menyusul positif Covid-19.

Pada 28 Maret 2021, salah satu anggota di rumah Ussy Sulistiawaty melapor positif Covid-19. "Tiba-tiba si Diky gini, Mbak saya batuk, oke PCR. Jadi Diky Jumat PCR hari Minggu dia PCR lagi, dan keluar positif. Akhirnya Diky isolasi sendiri di kamar atas," kata dia.

Keesokannya, dua anggota keluarga di rumah Ussy Sulistiwaty juga positif Covid-19. "Hari Senin, tiba-tiba dua orang lagi Mbak Julia sama Mbak Hani, Mbak saya batuk. Paginya antigen dulu di lab yang sama, siangnya PCR karena aku nggak yakin dan positif, dua orang lagi," dia memaparkan.