Sukses

Tiga Ucapan Ramadan dalam Bahasa Arab dan Artinya

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan 2021 segera tiba. Menyambut bulan penuh ampunan itu, kita mungkin perlu memberi ucapan selamat berpuasa kepada sanak saudara, handai taulan, dan teman-teman.

Dengan mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadan ini, berarti kita telah berbagi kenikmatan. Kenikmatan tersebut adalah masih bisa diberi kesempatan untuk bersama menyambut bulan penuh berkah tersebut.

Perintah Allah dalam Alquran jelas, bahwa pada bulan Ramadan adalah bulan di mana kaum muslimin diwajibkan menahan tidak makan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selain kewajiban berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk terus berbuat kebaikan di bulan puasa. Karena, ibadah, baik itu sunah maupun wajib, akan dilipat gandakan di bulan Ramadan.

Kedatangan bulan Ramadan 2021 tinggal menghitung hari. Sudah kah Anda menyiapkan ucapan-ucapan menarik menjelang kedatangan bulan Ramadan ini? Bila belum, berikut rangkuman ucapan menarik menyambut Ramadan dalam bahasa Arab.

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Ramadan dalam Bahasa Arab

Marhaban ya Ramadhan

Marhaban dalam Bahasa Arab berarti selamat atas kedatangan. Bila digabung dengan kata ‘Ramadan’ setelahnya, maka ucapan ini berarti selamat atas kedatangan bulan Ramadan.

Itu berarti bahwa, kedatangan bulan seribu bulan ini disambut dengan ucapan kegembiraan. Karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan ampunan.

Ramadhan Kareem

Kareem dalam Bahasa Arab bisa diartikan sebagai kebaikan atau kedermawanan. Bila digabung dengan kata ‘Ramadan’ di belakangnya, maka bisa diartikan sebagai ungkapan doa.

Yaitu, semoga dalam kesempatan bulan Ramadan kali ini, kita semua mendapat segala kebaikan dan kemurahan Allah dalam bulan ini. Mendapat kegembiraan, kesempurnaan, dan kebaikan dari bulan penuh hikmah ini.

Ramadhan Mubarak.

Mubarak dalam Bahasa Arab diartikan sebagai penuh berkah. Diharapkan dari datangnya bulan suci ini, kita semua mendapat limpahan berkah dari bulan yang di dalamnya Alquran diturunkan.

Tiga ucapan ini bisa diletakkan pada permulaan kalimat dalam kartu ucapan. Lalu ditambahi dengan ucapan doa dan harapan kepada orang yang kita beri ucapan tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini