Sukses

Hafiz dan Hafizah, Kartun Anak Islami Sarat Pesan Moral dan Nilai Agama

Liputan6.com, Jakarta Serial kartun Hafiz dan Hafizah bisa menjadi salah satu acara yang dipilih untuk anak usia dini. Kartun bernuansa Islami ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari sepasang saudara kembar yang bernama Hafiz dan Hafizah.

Hafiz dan Hafizah dapat menjadi sarana anak untuk belajar tentang akhlak dan juga nilai-nilai Islam yang bisa dijadikan contoh. Di kartun ini diceritakan bahwa Hafiz dan Hafizah memiliki cita-cita agar bisa menjadi Hafiz Qur’an.

Mengusung tema Cerdas dan Shaleh, banyak episode di kartun Hafiz dan Hafizah yang menceritakan tentang menghargai waktu, jangan berlebihan, dan juga bagaimana menghormati orangtua.

Salah satu episode dalam serialnya berjudul Ayo Makan Sayur. Dalam episode ini diceritakan Hafiz dan Hafizah tidak suka memakan sayur. Seperti anak-anak pada umumnya, alasan mereka tak menyukai sayur karena rasanya yang pahit. Padahal, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tubuh.

Melihat hal itu, sang ayah memberi nasihat kepada anak-anaknya agar mau makan sayur. Yup, makanan itu tidak boleh dicela, apalagi sayuran adalah sumber rezeki yang baik. Banyak manfaat yang bisa didapat apabila kita mengonsumsi sayuran. Tapi, apakah pengertian yang diberikan ayah Hafiz dan Hafizah mampu membuat mereka mau makan sayur?

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Mengajarkan Nilai-Nilai Islam

Selain menyajikan cerita kehidupan sehari-hari dari karakter Hafiz dan Hafizah, kartun ini juga mengajak anak untuk belajar, bernyanyi dan juga berolahraga. Melalui kartun ini pula, anak-anak bisa ikut belajar mengenal huruf Hijaiyah, belajar Harakat dan juga Kasroh.

Penyampaian pembelajaran juga terbilang tidak monoton. Hafiz dan Hafizah akan mengajarkan anak-anak melalui lagu yang akan mereka nyanyikan. Supaya tidak bosan, di kartun ini juga memiliki episode di mana anak-anak bisa ikut senam, seperti zumba, senam sehat, maupun yoga.

Ketika menonton kartun ini, imajinasi anak juga akan terasah. Seperti pada episode keenam Cerdas dan Saleh Hafiz dan Hafizah, mereka bertanya dari mana asalnya bintang. Tontonan seperti ini bukan tidak mungkin bisa mengajak anak-anak untuk mengekspresikan rasa keingintahuan mereka terhadap seluruh ciptaan Allah SWT.

Melalui tayangan Hafiz dan Hafizah, anak-anak juga bisa diasah kemampuan belajarnya secara audio maupun visual. Dengan cara ini, mereka dapat dengan mudah menerima informasi yang sangat bermanfaat.

Bagi Anda yang tertarik untuk menonton, kini serial Hafiz dan Hafizah dapat disaksikan melalui platform streaming Vidio secara gratis.

Penulis: Isyhari Maheswar