Sukses

6 Fakta Millen Cyrus Tersandung Benzo: Tenggak Pil 3 Hari Sebelum Razia, Kini Minta Khalayak Jauhi Narkoba

Liputan6.com, Jakarta - Minggu (28/2/2021), hari nahas bagi Millen Cyrus. Sedang asyik nongkrong di sebuah kafe di Jakarta Selatan, ia terjaring razia protokol kesehatan Covid-19 yang digelar aparat.

Setelah menjalani tes urine, keponakan Ashanty itu positif benzodiazepine alias benzo. Millen Cyrus lantas digelandang ke Polda Metro Jaya Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Senin (1/3/2021), polisi merilis penjelasan lebih rinci terkait status hukum maupun kesehatan Millen Cyrus. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta Millen tersandung benzo. Selamat menyimak.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

1. Razia Gabungan Berujung Penangkapan

Gabungan kepolisian, TNI, dan Satpol PP menggelar razia protokol kesehatan Covid-19 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Millen yang ikut terjaring di kerumuman menjalani beragam tes termasuk urine.

“(Hasilnya) ada selebgram satu orang inisial MC, beserta temannya positif benzo,” terang Direktur Resnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Mukti Juharsa, dilansir dari program Fokus Indosiar, Minggu (28/2/2021). 

3 dari 7 halaman

2. Obat untuk Gangguan Kejiwaan

Terpisah, Karo Humas dan Protokol BNN RI, Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono, menjelaskan perihal benzo yang ditenggak selebgram dengan sejuta pengikut lebih itu. Benzo rupanya obat untuk gangguan kejiwaan.

“Obat itu dipakai untuk orang yang mengalami gangguan kejiwaan, apakah depresi dan sebagainya, tergantung analisis dari dokter,” urai Sulistyo kepada awak media pada hari yang sama.

4 dari 7 halaman

3. Keluarga Tak Kaget Benzo

Pihak keluarga yang diwakili kakak Millen Cyrus, Globantara Ibrahim, cepat merespons penangkapan ini. Ia mendatangi Polda Metro Jaya lalu memberi pernyataan resmi terkait status adiknya.

“Kalau kemarin mungkin dia begitu (konsumsi sabu-sabu). Kalau sekarang kan posisinya dia enggak salah,” kata Ibrahim. “Tanggapan keluarga sih enggak kaget karena memang tahu dia mengonsumsi itu (obat),” imbuh asisten Millen, Gilang.

5 dari 7 halaman

4. Keluar Rebab, Akrabi Benzo

Polisi menyebut selama terjaring razia hingga digelandang ke Polda Metro Jaya, Millen Cyrus bersikap kooperatif. Kondisinya pun prima. Ia mengaku mengakrabi benzo sejak lulus dari rehabilitasi di Lido, Jawa Barat.

Gilang menyampaikan ini kepada awak media. “Semenjak dia dari rehab. (Benzo itu) untuk penenang dirinya Millen, karena berdasarkan dokternya sendiri,” Gilang membeberkan.

6 dari 7 halaman

5. Tiga Hari Sebelumnya...

Senin (1/3/2021), Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus menggelar rilis Millen usai diperiksa mendetail. "Setelah kita dalami, yang bersangkutan mengonsumsi obat Clozapine tablet 2 miligram. Dia minum sekitar hari Kamis, penangkapan Minggu pagi, dan masih positif," ucap Yusri.

Millen lalu membeberkan alasan mengonsumsi benzo tiga hari sebelum nongkrong di kafe. “Obat untuk kecemasan dan sempat depresi, dari BNN memang dikasih untuk mencegah kecemasan dan depresi aku,” selebgram transgender ini mengakui.

7 dari 7 halaman

6. Jauhi Tempat Hiburan Malam

“Ya dengan musibah (penangkapan) kemarin yang terjadi sama aku, jadi banyak pikiran dan tekanan dan keluarga juga,” Millen menerangkan alasan menenggak benzo berdasarkan resep dokter.

Setelahnya ia mengajak masysrakat menjauhi narkoba dan tempat hiburan. “Pesan dari saya adalah jauhi tempat hiburan malam, tetap patuhi protokol kesehatan dan jauhi narkoba. Jaga kesehatan selalu semua, terima kasih,” pungkasnya.