Sukses

Ade Fitrie Kirana Jadi Korban Peretasan, WhatsApp dan Media Sosialnya Digunakan Untuk Menipu

Artis yang juga pebisnis Ade Fitrie Kirana mengumumkan jika aplikasi pesan WhatsApp (WA) miliknya diretas.

Liputan6.com, Jakarta - Artis yang juga pebisnis Ade Fitrie Kirana mengumumkan jika aplikasi pesan WhatsApp (WA) miliknya diretas. Informasi tersebut dibagikan bintang sinetron Islam KTP SCTV ini pada Sabtu (30/1/2021).

Ade Fitrie Kirana mengonfirmasi WA dan media sosialnya seperti Facebook sedang digunakan oknum tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan. Yang menjadi masalah, kata dia, kerabat dan orang terdekatnya menjadi sasaran pelaku peretasan.

"Saya juga bingung bagaimana ini bisa terjadi. Saya himbau jika ada seseorang yang mengirim pesan lewat aplikasi chatting atau sosial media menggunakan nama saya, baiknya jangan direspon dulu," kata Ade Fitrie Kirana melalui sambungan telepon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jangan Percaya

Ia juga meminta kerabatnya agar tak langsung percaya saat mendapatkan pesan yang menggunakan namanya untuk melakukan tindak kejahatan.

"Cek baik-baik semua hal terkait kebenaran akun tersebut. Jika akun tersebut tidak bisa dihubungi dan tidak terdaftar secara resmi, sebaiknya diabaikan saja. Sudah pasti itu hacker," sambung artis yang kini memimpin organisasi Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA).

 

3 dari 5 halaman

Lapor ke Cyber Crime

Ade Fitrie Kirana juga mengancam pelaku peretasan WA dan media sosialnya untuk berhenti melakukan aktifitas yang merugikan nama baiknya. Sebab, ia bersama tim kuasa hukumnya berniat melaporkan hal ini ke Cyber Crime Polda Metro Jaya.

"Ini jelas sudah meresahkan dan menciderai nama baik saya," Ade Fitrie Kirana menegaskan.

 

4 dari 5 halaman

Enggan Berdamai

Jika pelakunya tertangkap, Ade Fitrie Kirana menyebut, tak bakal menyelesaikan masalah ini dengan upaya damai. "Biar merasakan efek jera, ini kejahatan yang nggak bisa lagi ditolerir. Saya berharap masyarakat belajar dari pengalaman yang saya alami dengan berhati-hati terhadap pelaku peretasan," imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Pinjam Uang

Seperti diketahui, Ade Fitrie Kirana mendapat banyak laporan dari kerabatnya terkait adanya pesan yang dikirimkan melalui WA dan Facebook pribadinya. Kerabat artis yang juga owner AFK Beuty Clinic ini mengaku dikirimkan pesan permintaan dari Ade Fitrie Kirana dengan modus meminjam sejumlah uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.