Sukses

Catatan Bintang e-Sport dan YouTuber James Chen dari Singapura: Soal Pengorbanan Hingga Sopan Santun

Bintang e-Sport dan YouTuber James Chen berpartisipasi di Mobile Legends: Bang Bang M2 World Championship yang dihelat di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Harus diakui perkembangan e-Sport yang pesat melahirkan sejumlah bintang dan YouTuber kondang. Salah satunya, James Chen yang melatih tim Indonesia, Rex Regum Qeon (RRQ).

RRQ bersama tim Indonesia lain, Alter Ego Sport, mengikuti Mobile Legends: Bang Bang M2 World Championship yang dihelat di Singapura mulai 18 hingga 24 Januari 2021.

Di babak grand final, tim Bren dari Filipina mengalahkan Burmese Ghouls Myanmar. Selain itu, pemain Bren, KarlTzy membawa pulang gelar bergengsi Most Valuable Player. James Chen punya catatan tersendiri soal ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mental Kuat

Menurutnya sebuah pencapaian butuh pengorbaban. “Setiap pekerjaan sama, baik itu pelatih maupun pemain e-Sport profesional. Kita harus berikan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Semua butuh pengorbanan dan kerja keras,” urainya.

“Harus didasari juga mentalitas kuat dan sopan santun, rajin, dan mengedukasi diri untuk tahu apa target yang ingin dicapai,” imbuh James Chen dalam interviu daring bersama Showbiz Liputan6.com baru-baru ini.

3 dari 5 halaman

Instagram dan Kanal YouTube

Ia sendiri telah melewati proses ini hingga berada di puncak popularitas. Akun Instagram terverifikasi James Chen diikuti 135 ribuan orang. Kanal YouTube-nya dilanggani lebih dari 153 ribu orang.

Sebagai informasi, Mobile Legends: Bang Bang M2 World Championship digelar Moonton, Cybersports and Online Gaming Association Singapura, Singapore Tourism Board, dan Infocomm Media Development Authority.

 

4 dari 5 halaman

Ditonton 3,08 Juta Orang

Catatan menarik lainnya, ajang ini membukukan rekor penonton terbanyak yakni 3,08 juta total views dari seluruh dunia berdasarkan platform analisa Esports Charts.

Hasil akhir Mobile Legends: Bang Bang M2 World Championship menempatkan RRQ di posisi ketiga. Sementara itu, Alter Ego Esport harus puas di urutan keempat. 

5 dari 5 halaman

Etika Yang Terpenting

James Chen berharap generasi muda yang punya minat tinggi jadi bintang e-Sport mengutamakan attitude. “Attitude comes first (Sopan santun adalah yang terpenting),” beri tahu dia.

James Chen menambahkan, etiket dibutuhkan tak hanya saat berlatih tapi juga berkompetisi. Siap kalah maupun menang. Dengan kata lain, seorang bintang menjunjung sportivitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.