Sukses

Resensi Le Lion: Petualangan Ugal-ugalan Psikiater dan Mata-mata, Selamatkan 2.435 Ton Emas Prancis

Liputan6.com, Jakarta Dari arah jam 6, Leo Milan (Dany Boon) yang dijuluki Le Lion alias The Lion mendapati sejumlah musuh yang menyamar sebagai tamu restoran mewah. Dalam hitungan detik, acara makan malam berubah jadi baku tembak.

Bombardir timah panas membuat Leo dan Anna (Carole Brana) nekat terjun dari lantai 100 ke kolam raksasa milik Syekh Abdelmalek El Flatar. Tidak lama setelahnya, adegan film Prancis ini beralih ke kamar rumah sakit.

Leo diinterogasi psikiater Romain Martin (Philippe Katerine). Beberapa saat kemudian, kisah film ini meruncing. Dari balik jendela kamar, Leo memergoki mobil van membuntuti Louise (Anne Serra), pacar Romain, yang pergi dengan sepeda.

2 dari 7 halaman

Bogem Mentah Melayang

Leo mengabari Romain namun psikiater ini tak percaya. Benar saja. Beberapa jam setelahnya, rumah Romain dan Louise diketuk. Seorang pria bertopeng melayangkan bogem mentah hingga sang tuan rumah tak sadarkan diri.

Louise menghilang. Romain lalu menyampaikan kabar ini ke Leo. Sebuah persekutuan dibuat agar Leo bisa keluar dari rumah sakit. Dokter dan pasien ini bertualang mencari Louise.

Belakangan diketahui Louise punya banyak paspor dan nama. Hilangnya Louise didalangi sindikat pimpinan Swanney (Samuel Jouy) yang berencana membobol gudang penyimpanan cadangan emas Prancis sebesar 2.435 ton.

3 dari 7 halaman

Penokohan Sambil Jalan

Gudang telah berhasil dibobol. Romain berkejaran dengan waktu untuk menyelamatkan Louise. Di sisi lain, Leo yang telah kehilangan segalanya berupaya memulihkan reputasi sebagai mata-mata nomor wahid.

The Lion salah satu film laris Prancis tahun lalu. Rahasia sukses film ini bisa jadi formula komedi yang terasa klop dengan ritme aksinya. Dua elemen ini dikemas dengan gaya bergegas.

Agar tak terasa buru-buru, pengenalan tokoh yang sambil jalan dikawinkan dengan sejumlah adegan konyol dari membobol kaca mobil, belanja di Prada, makan di restoran dengan menggesek kartu sahabat, hingga pura-pura gila.

 

4 dari 7 halaman

Tak Seperti Mata-Mata Umumnya

Aksi penyelamatan ini jauh dari gaya hidup mata-mata pada umumnya yang identik dengan necis, cewek cantik, transportasi dan senjata supercanggih. The Lion mengondisikan dua tokoh utamanya memanfaatkan apa yang ada.

Kalau kepepet, keluarlah jurus keyakinan kalau tak mau dibilang nekat. Kondisi yang tak mengenakkan ini justru membuat Leo dan Romain bersenyawa dengan natural. Dari saling benci dan tak percaya, keduanya menyadari “perjodohan” dalam misi penyelamatan ini. 

Leo mengakui sang psikiater lelaki sejati yang percaya cinta. Romain menyadari Leo partner sekaligus sahabat sejati level one in a million. Pergerakan alur yang dinamis membuat The Lion tak membosankan.

5 dari 7 halaman

Akting Yang Luwes

Sinematografi film ini efektif membingkai polah para tokoh sambil sesekali tampil gaya dengan menyajikan panorama lokasi kejadian dari jalanan tandus hingga mewahnya lounge gedung pencakar langit.

Dany Boon memperlihatkan transformasi akting yang luwes. Tak sekadar perubahan gaya rambut, ekspresinya mengembang dari pasien rumah sakit hingga menemukan jati diri Sang Singa yang dulu.

Di sisi lain, Philippe mengimbangi kegilaan rekan lewat sejumlah ekspresi negatif dari marah, kecewa, kesal, prasangka, hingga tiba di titik temu gesekan dua karakter.  

6 dari 7 halaman

Simpel dan Motivasi Klise

The Lion membingkai pertemanan dan cinta. Kasus pembobolannya sendiri dituturkan kelewat simpel dengan motivasi klise. Kronologi pembobolan tak sampai membuat kita deg-degan.

Demikian pula penyelesaikan konflik lebih berat ke aspek komedi ketimbang menyajikan adegan dar-der-dor yang bikin jantung berdesir. Secara keseluruhan ia tetap menarik.

The Lion bagai pop corn renyah-berselera dan disajikan dengan taste yang mampu mengakomodasi harapan pencinta film komedi aksi. Yakni, tertawa, terpukau, baper dengan kisah cinta, dan berakhir manis. Jika itu yang Anda harapkan, maka The Lion akan memuaskan dahaga Anda.

7 dari 7 halaman

Main Tebak-tebakan, Yuk?

Jika Anda sudah menonton The Lion tentu pertanyaan berikut ini bisa Anda jawab dengan mudah. Berapa biaya yang dikeluarkan Romain untuk belanja baju Leo di butik Prada?

A. 2.174 euro

B. 1.742 euro

C. 4.172 euro

D. 7.412 euro

Sebagai informasi tambahan, The Lion salah satu dari 100 film Prancis yang tayang dalam My French Film Festival ke-11, dari 15 Januari hingga 15 Februari 2021 di platform digital KlikFilm. Selamat berpesta dengan film-film Prancis berkualitas.

 

Pemain: Dany Boon, Philippe Katerine, Anne Serra, Samuel Jouy, Sophie Verbeeck, Carole Brana

Produser: Serge Hayat, Jean-Yves Robin, Marc Stanimirovic

Sutradara: Ludovic Colbeau-Justin

Penulis: Alexandre Coquelle, Matthieu Le Naour

Produksi: Monkey Pack Films, Pathe, TF1 Studio

Durasi: 1 jam, 35 menit