Sukses

Kronologi Kasus Video Syur Gisel: Awalnya Viral dan Klarifikasi, Lalu Jadi Saksi, Kini Tersangka Bareng MYD

Liputan6.com, Jakarta Kasus video syur berdurasi 19 detik yang melibatkan Gisella Anastasia alias Gisel akhirnya menemukan titik terang. Selama ini khalayak menyebutnya video syur mirip Gisel.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol.Yusri Yunus, dalam pernyataan resminya menyebut Gisel ditetapkan sebagai tersangka. Namun ada tersangka lain, yakni pria berinisial MYD.

Jemari warganet dengan lincah mencari tahu siapa MYD. Nama Michael Yukinobu de Fretes disebut sebagai pemeran pria dalam video itu. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum kronologi Gisel dari saksi jadi tersangka.

2 dari 7 halaman

7 November 2020: Viral 19 Detik, Gisel Klarifikasi

Indonesia gempar gara-gara video berdurasi 19 detik yang menampilkan cewek mirip Gisel tengah (maaf) berhubungan fisik dengan seorang pria. Nama Gisel jadi topik tren di Twitter.

Kala itu, Gisel yang tengah pelesir ke NTT menyampaikan klarifikasi kepada para jurnalis. “Aku bingung klarifikasinya gimana soalnya juga udah bukan kali pertama ya,” ujar Gisel, pada 7 November 2020.

3 dari 7 halaman

17 November 2020: Panggilan Pertama, Diperiksa 5 Jam

Viral dan dibahas warganet berhari-hari, kasus video syur ini lantas ditangani aparat. Selasa (17/11/2020), mantan istri Gading Marten mendatangi Polda Metro Jaya untuk diperiksa.

Mengenakan kemeja putih polos, ia menjalani pemeriksaan selama lima jam. “Kita ikuti aja prosedurnya sebagai warga negara yang baik, datang, kita ikuti saja. Terima kasih,” Gisel membeberkan.

4 dari 7 halaman

19 November 2020: Polisi Libatkan Ahli Forensik

Bagaikan bola salju yang menggelinding, kasus video syur mirip Gisel ditelusuri polisi. Tak main-main, aparat melibatkan ahli forensik untuk memastikan siapa pemeran wanita di video itu.

Kamis (19/11/2020), Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus menerangkan, “Hari ini dari saksi forensik menganalisis wajah tertera di dalam video tersebut sementara dilakukan pendalaman dari Subdit Cyber mudah-mudahan kita bisa tahu hasilnya.”

5 dari 7 halaman

23 November 2020: Indikasi Mirip Gisel

Menyimpulkan pemeran video bukan perkara gampang. Yusri minta jurnalis bersabar. Namun ia membeberkan, ada indikasi cewek dalam video berdurasi 19 detik itu mirip Gisel.

“Forensik wajah daripada yang ada di video tersebut yang memang diindikasi mirip GA dan seorang laki-laki yang beredar sekarang ini,” kata Yusri, di Jakarta, Senin (23/11/2020).

6 dari 7 halaman

23 Desember 2020: Panggilan Kedua, Masih Saksi

Sebulan berselang, kasus video syur ini belum memperlihatkan titik terang. Gisel kemudian dipanggil lagi ke Gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Rabu (23/12/2020).

Setelah diperiksa selama lima jam sebagai saksi, bintang film Cek Toko Sebelah berujar, “Terima kasih, maaf lama. Sudah (diperiksa). Saya hari ini sudah ditanya-tanya kita jawab sebisanya kita, seperti biasanya.”

7 dari 7 halaman

29 Desember 2020: Jadi Tersangka Bareng MYD

Akhirnya, Gisel ditetapkan sebagai tersangka. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus, membenarkan. Gisel tak sendiri. Pria berinisial MYD juga jadi tersangka.

“Kemudian sekarang ini hasil gelar perkara itu dilakukan kemarin menaikkan status saksi terhadap saudari GA dan saudara MYD sebagai tersangka,” terang Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (29/12/2020).