Sukses

6 Fakta Film The Empty Man, Lokasi Syuting Misterius Hingga Analisis Ambyar di Tangga Box Office

Liputan6.com, Jakarta The Empty Man tayang di bioskop Indonesia awal Desember 2020. Penayangan film The Empty Man menyemarakkan sejumlah bioskop yang dibuka lagi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Film The Empty Man rilisan 20th Century Studios disutradarai David Prior yang juga menjabat penulis naskah. Film bergenre drama horor kriminal ini diperkuat sejumlah bintang segar. Di antaranya, James Badge Dale, Marin Ireland, Stephen Root, dan Joel Courtney.

Anda yang berencana menonton The Empty Man di bioskop jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Sebelumnya, simak dulu 6 fakta menariknya termasuk performa di tangga box office yang dikumpulkan Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

1. Dari Novel Grafis

The Empty Man diangkat dari novel grafis berjudul sama karya Cullen Bunn dan Vanesa R. Del Rey yang diterbitkan Boom! Studio. Syuting mulai Agustus 2017, film ini dirilis di AS pada 23 Oktober 2020.

The Empty Man direspons beragam cenderung negatif dari pencinta sinema maupun kritikus film. Padahal, premis maupun alur utama film ini terbilang menjanjikan.

 

3 dari 7 halaman

2. Diumumkan Sejak Februari 2016

Proyek layar lebar The Empty Man melewati proses berliku. Pada 9 Februari 2016, pihak 20th Century Fox mengabarkan mengakuisisi novel grafis The Empty Man dari Boom! Studio.

Dalam kesempatan itu, David Prior ditunjuk untuk menulis sekaligus mengarahkan filmnya. Juli 2016, aktor James Badge Dale diumumkan jadi pemeran utama The Empty Man.

 

4 dari 7 halaman

3. Hilang Secara Misterius

The Empty Man mengisahkan sejumlah remaja di Midwestern yang hilang secara misterius. Penduduk setempat memercayai fenomena ini bagian dari legenda perkotaan Empty Man. Pensiunan polisi menyelediki misteri ini.

Rupanya ini terkait kelompok rahasia dengan ritual memanggil entitas mistis. Konflik melibatkan sejumlah tokoh antara lain Detektif Villiers (Ron Canada), James Lasombra (James Badge Dale), dan Arthur (Stephen Root).

 

5 dari 7 halaman

4. Lokasi Syuting Rahasia

Syuting dimulai pada Agustus 2017 dengan lokasi di kawasan Edwardsvill dan Illinois. Selain itu, David Prior membawa para pemain dan kru syuting di Chain of Rocks Bridge.

AdvantageNews mencatat, tiga hari kemudian, lokasi syuting dipindahkan ke tempat rahasia. Meski demikian, tak ada kendala serius selama syuting film The Empty Man.

 

6 dari 7 halaman

5. Maju Mundur Covid-19

Wabah Covid-19 yang jadi isu kesehatan global berdampak pada maju mundurnya jadwal rilis The Empty Man yang awalnya hendak dilempar ke bioskop, 7 Agustus 2020.

Deadline melaporkan, produser lalu mengoreksi jadwal rilis The Empty Man ke 4 Desember 2020. Di tengah jalan, film ini malah dimajukan ke Oktober 2020.

 

7 dari 7 halaman

6. Posisi Ke-4 di Box Office

Masih menurut Deadline, The Empty Man meraih 1,3 juta dolar AS dari 2.027 bioskop pada pekan pertama penayangan. Ia hanya mampu duduk di posisi keempat tangga box office.

Sebuah riset menyebut 53 persen penonton film ini pria. Lebih dari setengahnya berusia 25 tahun ke atas. Para peneliti menyebut buruknya performa The Empty Man di tangga box office akibat minimnya promosi jelang perilisan.