Sukses

6 Fakta Film I Still Believe, dari Istri Kena Kanker Ovarium Hingga Bertengger di Puncak Box Office

Liputan6.com, Jakarta Bertambahnya layar bioskop yang dibuka memancing dirilisnya sejumlah film anyar salah satunya, I Still Believe karya sineas Erwin Brothers. Film I Still Believe dibintangi KJ Apa dan Britt Robertson.

I Still Believe tiba di Indonesia pada Maret 2020. Dijadwalkan rilis berbareng perayaan Paskah 2020, I Still Believe terpaksa tunda tayang akibat pandemi Covid-19.

Desember 2020, I Still Believe yang diedarkan Lionsgate menyapa pencinta sinema sekaligus menyambut Natal. Silakan menonton dengan mematuhi protokol kesehatan ketat, namun simak dulu 6 fakta menariknya berikut ini.

 

2 dari 7 halaman

1. Kisah Nyata Jeremy Camp

I Still Believe diadaptasi dari kisah nyata penyanyi-penulis lagu musik Kristiani Amerika Serikat, Jeremy Camp dan sang istri, Melissa Lynn Henning-Camp, yang mengidap kanker ovarium.

Merujuk pada kisah nyata, Melissa Lynn akhirnya meninggal. Dalam film, aktor KJ Apa memerankan Jeremy Camps. Meliisa Lynn yang tangguh dimainkan Britt Robertson.

 

3 dari 7 halaman

2. Diadang Covid-19

I Still Believe adalah produksi pertama Kingdom Story Company sekaligus film kelima Erwin Brothers. Dirilis pada 13 Maret 2020 di bioskop AS, film ini tak bertahan lama karena diadang wabah Covid-19.

Lionsgate akhirnya merilis film berbiaya 12 juta dolar AS (sekitar 170 miliar rupiah) ini dalam format video on demand pada 27 Maret 2020. Sambutan pencinta film lumayan hangat.

 

4 dari 7 halaman

3. Diumumkan di ComicCon 2019

Desas-desus film biografi Jeremy Camp terdengar sejak lama. Deadline melaporkan, isu itu terkonfirmasi di ajang CinemaCon, April 2019. Aktor KJ Apa didapuk sebagai pemeran utama.

Beberapa hari setelahnya terkuak Britt Robertson dipercaya memerankan Melissa Lynn. Yang mengejutkan, keterlibatan pelantun “You’re Still The One,” Shania Twain di I Still Believe.

 

5 dari 7 halaman

4. Syuting Sejak Mei 2019

Variety mewartakan syuting I Still Believe digelar di kawasan Mobile, Alabama, Mei 2019. Seluruh adegan diambil di sini dengan bantuan sinematografer Kristopher Kimlin.

Ini bukan kali pertama Kristopher Kimlin dan Erwin Brothers berkolaborasi. Keduanya telah menghasilkan sejumlah film yakni, Moms 'Night Out, Woodlawn, dan I Can Only Imagine.

 

6 dari 7 halaman

5. Di Puncak Box Office

Dirilis Maret 2020 bersama film The Hunt dan Bloodshot milik Vin Diesel, I Still Believe memuncaki tangga box office dengan pendapatan 4 juta dolar AS pada hari pertama penayangan.

Deadline dan The Wrap melaporkan, film ini ditayangkan di lebih dari 3.000 layar bioskop dan diproyeksikan membukukan 15 juta dolar AS pada akhir pekan pertama penayangan, sebelum Covid-19 menerjang.

 

7 dari 7 halaman

6. Puji dan Caci

Mayoritas kritikus memberi respons positif untuk hasil akhir I Still Believe. Yang kurang suka menyebut film ini punya niat gamblang, alur mudah ditebak berdasarkan kisah nyata, dan terasa menceramahi di beberapa bagian.

Deadline membela dengan bilang I Still Believe tak sepenuhnya menulis ulang kisah nyata seperti kebanyakan film adaptasi. Ia mengajukan pertanyaan soal iman di tengah tragedi. Fans KJ Apa tentu bahagia dengan hasil akhirnya.