Sukses

Tinggalkan Dunia Hiburan, Ricky Bagja Pilih Jadi Pengusaha

Ricky Bagja ternyata lebih sukses menjadi pengusaha ketimbang bintang sinetron.

Liputan6.com, Jakarta - Panggung seni peran memang sempat akrab dalam kehidupan Ricky Bagja. Beberapa sinetron dan FTV pun sempat dibintanginya.

Sepertinya, Ricky Bagja tak puas hanya bisa terjun di dunia hiburan. Ia juga menekuni dunia usaha yang memang sudah akrab sejak sekolah.

Rupanya, ia lebih beruntung di dunia bisnis. Ricky Bagja pun memutuskan untuk meninggalkan panggung yang melambungkan namanya, dan memilih fokus dengan beberapa usaha yang digelutinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Geluti 4 Bisnis

Pria kelahiran Bandung, ini memulai kariernya di dunia usaha dari bawah. Bermula dari menjajakan keripik dengan berkeliling saat SMA. Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi tukar cukur.

Kini, pria yang dipanggil Ricky BM sudah mempunyai empat usaha besar yaitu usaha keripik, barbershop, toko besi hingga agen perjalanan.

 

3 dari 6 halaman

Kunci Sukses

Pria berusia 30 tahun ini pun membagikan lima kunci suksesnya hingga bisa membangun usaha besar seperti sekarang ini. Apa saja ya?

"Pertama, semangat dan tekad harus besar. Karena jika hanya sekedar ingin berbisnis saja dan hanya coba-coba hasilnya pun tidak akan maksimal," jelasnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/12/2020).

 

4 dari 6 halaman

Komunikasi

Tak hanya semangat dan tekad yang dibutuhkannya, tapi juga harus punya kemampuan komunikasi.

"Hal ini menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam berbisnis. Dengan berkomunikasi baik, bisa melakukan negosiasi hingga mempresentasikan dengan berbagai kalangan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Sehingga memperoleh hasil yang maksimal, karena dengan kemampuan komunikasi yang baik maka barang atau produk yang kita tawarkan tersebut akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi,” ujar pengusaha yang juga selebgram ini.

 

5 dari 6 halaman

Perluas Jaringan

Tentunya, dengan komunikasi yang baik bisa memperluas jaringan. Dan itu menjadi kiat ketiganya.

"Dalam menjalankan usaha, networking merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dijaga sehingga dapat memberikan peluang kepada kita. Modal itu tidak selamanya uang tapi networking pun salah satu modal yang tidak boleh di remehkan," ungkap Ricky Bagja.

 

6 dari 6 halaman

Berani Ambil Risiko

Ricky Bagja memberikan tips keempat, adalah berani ambil risiko. "Seorang pengusaha itu harus berani ambil risiko. Risiko bisnis ya rugi, tapi kalau kita takut ambil risiko? Tidak akan ada hasil," ujarnya.

Tips terakhir atau kelima adalah doa. "Jika usaha tanpa doa itu sombong dan jika doa tanpa usaha itu sia-sia. Jadi selalu libatkan Tuhan dalam segala urusan kita agar apa yang kita inginkan bisa tercapai," pungkas Ricky Bagja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.