Sukses

Kronologi Anies Baswedan Positif Corona Covid-19, Dari Swab Test Antigen Negatif Hingga PCR Positif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan kronologi menjalani swab test atau tes usap hingga akhirnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19. Ini disampaikan Anies Baswedan lewat unggahan video berdurasi 4 menit 52 detik di akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (1/12/2020).

Anies Baswedan menyampaikan kabar ini beberapa hari setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19. Anies Baswedan juga melontar sejumlah imbauan.

Salah satunya, meminta orang yang berinteraksi dengannya menjalani isolasi mandiri dan menempuh swab test untuk memastikan status kesehatan mereka. Showbiz Liputan6.com merangkum kronologi Anies Baswedan positif Covid-19 untuk Anda. Simaklah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

25 November 2020: Hasil Tes Usap Negatif

Anies Baswedan rutin menjalani tes usap. Pada 25 November 2020, ia menempuh tes usap dengan hasil negatif Covid-19. Ia lantas bekerja seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Walaupun saya secara rutin melakukan swab test dan swab terakhir itu dilakukan hari Rabu tanggal 25 November yang hasilnya negatif,” terangnya dalam video yang diunggah Selasa (1/12/2020).

3 dari 7 halaman

27 November 2020: Wagub DKI Positif Covid-19

Kabar mengejutkan terdengar dua hari kemudian, Jumat (27/11/2020). Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza, dinyatakan positif Covid-19.

“Setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif sementara kita ada interaksi yang cukup dekat maka sesuai dengan protokol kesehatan saya kembali melakukan tes,” Anies Baswedan menyambung.

4 dari 7 halaman

29 November 2020: Anies Swab Test Antigen

Merespons fakta DKI 2 terinfeksi Covid-19, Minggu (29/11/2020), Gubernur Anies Baswedan menempuh swab test antigen. Ini penting untuk melacak sejauh mana Covid-19 menyelinap ke Balai Kota Jakarta.

“Dan hasilnya negatif,” beri tahu Anies Baswedan. Beroleh kabar negatif Covid-19 tak serta merta membuat politikus kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 ini lega.

 

5 dari 7 halaman

30 November 2020: Anies Swab Test PCR

Senin (30/11/2020), Anies Baswedan memutuskan menjalani menjalani swab test PCR sebagai konfirmasi atas hasil tes usap antigen sebelumnya. Hasilnya didapat pada dini hari.

“Dan ternyata malamnya, dini hari, saya mendapatkan kabar kalau hasilnya positif. Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif Covid-19,” beber Anies Baswedan. Sejumlah langkah antisipasti pun dilakukan.

 

6 dari 7 halaman

1 Desember 2020 Pagi: Pengakuan Anies

Selasa (1/12/2020) sekitar jam 10 pagi, Anies Baswedan membuka hasil tes usap PCR lewat akun Instagram terverifikasinya kepada publik sebagai bagian dari transparansi data kepada warga Jakarta.

“Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya selama beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR,” imbaunya.

7 dari 7 halaman

1 Desember 2020 Siang: Banjir Doa Buat Anies

Dalam hitungan jam, kolom komentar akun Instagram Anies Baswedan kebanjiran doa warganet. Salah satunya, Yuni Shara yang mencuit ringkas, “GWS (get well soon -red).”

Sehat2 ya pak..kami slalu mendoakan bapak sekeluarga,” ujar warganet dengan akun @dasdidar. Hingga artikel ini disusun, video Anies Baswedan ditonton hingga 700 ribuan kali. Lebih dari 26 ribu komentari menggenangi kolom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan