Sukses

Terungkap, Daftar 12 Korban Manipulasi Produce 101 yang Diumumkan Pengadilan

Produce 101 musim keempat menjadi yang paling banyak memakan korban.

Liputan6.com, Seoul - Fakta baru terungkap dalam kasus manipulasi ranking di kompetisi kondang Produce 101. Dilansir dari Soompi, sidang banding digelar pada hari ini, Rabu (18/11/2020). 

Seperti diketahui, PD atau Producing Director Produce 101 Ahn Joon Young menerima hukuman dua tahun penjara berikut denda. Sementara CP atau Chief Producer acara ini divonis satu tahun delapan bulan bui. Dalam persidangan, hakim memutuskan hukuman yang sama tetap diberikan kepada kedua terpidana. 

Asisten PD Lee dan lima perwakilan agensi yang sebelumnya hanya didenda, kini juga menerima vonis delapan bulan penjara dengan masa percobaan dua tahun. Selain itu, hakim juga merilis 12 nama trainee yang menjadi korban manipulasi ranking dalam empat musim Produce 101. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengungkap Kebenaran

"Meski kompensasi penting diberikan untuk para korban yang secara tidak adil dieliminasi, kami percaya bahwa mengungkap daftar trainee yang terdampak, adalah awal dari upaya penyembuhan, mengembalikan keadilan, dan jalan terbaik mengungkap kebenaran," tutur Hakim Pengadilan Tinggi Seoul, seperti diwartakan Koreaboo. 

Namun, kontestan yang diuntungkan karena manipulasi ini tak akan diumumkan identitasnya. Alasannya, mereka tidak tahu terjadinya kecurangan ini. Selain itu, bila nama mereka diungkap, hanya akan membahayakan mereka. 

Lantas, siapa saja korban kecurangan di Produce 101?

3 dari 6 halaman

Musim Perdana: Produce 101

Dalam musim perdana, yang dieliminasi secara tak adil adalah Kim Su Hyun dan Seo Hye Lin. Keduanya dipulangkan dalam babak eliminasi perdana. 

4 dari 6 halaman

Musim Kedua: Produce 101 Season 2

Pada musim kedua, yang disingkirkan secara curang adalah Seong Hyun Woo dan Kang Dong Ho, yang kini menggunakan nama panggung Baekho dan aktif di Nu'est. 

Seong Hyun Woo tersingkir di babak eliminasi pertama, sedangkan Kang Dong Ho dijegal kecurangan di babak eliminasi final. 

5 dari 6 halaman

Musim Ketiga: Produce 48

Lee Ga Eun dan Han Cho Won seharusnya bisa bergabung di Iz*One, karena di babak final mereka masing-masing meraih ranking lima dan enam. Namun pada episode terakhir acara ini, Lee Ga Eun diumumkan berada di tempat ke-14, dan Han Cho Won di posisi 13. 

6 dari 6 halaman

Musim Keempat: Produce X 101

Produce X 101 adalah musim yang paling banyak memakan korban. Pada babak eliminasi pertama, yang menjadi korban adalah Anzardi Timothee. 

Dalam babak eliminasi ketiga, yang terpaksa pulang adalah Kim Kook Heon dan Lee Jin Woo. 

Sementara dalam babak eliminasi terakhir, yang jadi korban kecurangan adalah Koo Jung Mo, Lee Jin Hyuk, dan Keum Dong Hyun. Ketiganya harusnya bisa bergabung dalam X1 karena masing-masing mendapat rankig 6,7, dan 8.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.