Sukses

Istri Indra Bekti Pernah Koma Akibat Tuberkulosis Sebelum Nikah

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2020 menjadi masa tak terduga bagi siapapun termasuk Indra Bekti. Salah satunya saat sang istri, Aldila Jelita, dilarikan ke rumah sakit akibat mengidap Efusi pleura alias penumpukan cairan di antara jaringan yang melapisi paru-paru dan dada.

Diceritakan Indra Bekti, awal Agustus 2020, dada Aldila Jelita mulai sesak. Ia dilarikan ke klinik dan diinfus tapi sesak tak kunjung hilang. Setiap naik tangga rumah, muka istri Indra Bekti pucat dan sesak kambuh.

Pada 20 Agustus 2020, Indra Bekti membawa Aldila Jelita ke rumah sakit. Tes toraks memperlihatkan ada cairan di salah satu paru-parunya. Padahal dia tak merokok dan begadang.

 

2 dari 5 halaman

Darah Diperiksa

“Akhirnya diperiksa darah dan sebagainya. Selama proses tersebut, efusi atau cairan ini harus disedot. Tanggal 21 Agustus langsung tindakan medis setelah memutuskan opname,” Indra Bekti menjelaskan.

“Diambil cairannya lewat belakang tubuh, dia disuntik dan diambil cairan 600 cc, tindakan kedua 1 liter, tindakan ketiga ada lagi,” artis kelahiran Jakarta, 22 Desember 1977 membeberkan.

3 dari 5 halaman

Dila Berontak

Hasil tes darah dan cairan paru-paru menunjukkan Efusi pleura yang terkait dengan riwayat Tuberkulosis yang pernah diidap Aldilla Jelita. Indra Bekti mengenang, pada 2017, saat janin Aldila Jelita meninggal, itu pun berhubungan dengan Tuberkulosis.

“Waktu itu Dila berontak banget karena tidak mau kehilangan anak. (Dia bilang) mendingan saya yang dikorbankan. Setelah itu diperiksa, ada TB-nya. Tiga kali,” beri tahu Indra Bekti.

 

4 dari 5 halaman

Riwayat Tuberkulosis

Ia menceritakan ini dalam video bertajuk “Perjuangan Indra Bekti Melawan Sakit Sang Istri: Dulu Dilla Ternyata Sempat Koma!” yang mengudara di kanal YouTube Melaney Ricardo, Senin (28/9/2020).

Indra Bekti lalu merinci riwayat Tuberkulosis sang istri. “Pertama kuliah kerja lapangan. Sempat sakit, akhirnya sembuh. Habis itu di Malaysia, sempat koma,” urai mantan presenter Ceriwis dan Tralala-trilili

5 dari 5 halaman

Sebelum Nikah Sempat Koma

“Sebelum nikah sempat koma dengan penyakit yang sama. Akhirnya di operasi di Kuala Lumpur, waktu dia kuliah di sana itu akhirnya sembuh. Nah baru 2017 kambuh lagi,” Indra Bekti memaparkan.

Mengantar istri ke rumah sakit di tengah pandemi bikin Indra Bekti ketar-ketir. Yang membuatnya takjub, di tengah perjuangan melawan penyakit, Dila masih memikirkan sekolah daring anak-anak di rumah. Salut.