Sukses

Rianti Cartwright Minta Maaf pada Ibu Saat Tak Kuat Menahan Sakit Melahirkan

Rianti Cartwright ungkap sakitnya menghadapi kontraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Rianti Cartwright berbagi kisah tentang pengalaman melahirkan anak pertamanya, Cara Rose Kanaya Nainggolan. Melewati kontraksi saat hendak melahirkan adalah hal yang sangat berat.

Rianti Cartwright mengatakan bahwa ada masa di mana ia tak kuat menahan kontraksi dan meminta untuk melahirkan secara caesar. Itu terjadi saat pembukaan keempat.

"Gue udah sempat nyerah, gue sudah bendera putih, 'Caesar! Aku menyerah, aku enggak kuat'. Tapi itulah perjuangan seorang ibu," papar Rianti Cartwright di kanal YouTube Daniel Mananta, Jumat (4/9/2020).

Namun, ia tetap bertahan menghadapi masa kontraksinya. Di tengah momen penuh rasa sakit tersebut, ingatan Rianti Cartwright melayang pada sosok ibunya. Ia menyadari betapa beratnya perjuangan seorang ibu saat melahirkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Maaf pada Ibu

"Gue masih sempat di sela kontraksi WA nyokap bilang 'Mom, I'm so sorry for anything I've ever done'. Kalau misalnya pernah berdosa sama mami aku minta maaf, karena segitunya kita ngerasain perjuangan seorang ibu melahirkan anak," tuturnya.

"Gue saat itu merasakan sakit luar biasa yang enggak bisa digambarin. Jadi kalau gue merasakan ini berarti nyokap gue, mertua gue juga ngerasain ini," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Perasaan Suami

Sang suami, Cassanova Alfonso, pun merasa iba melihat perjuangan sang istri. Sebab, Rianti yang ia kenal adalah wanita kuat yang mampu menghadapi rasa sakit.

"Yang gue tahu dia orang yang bisa mengatasi rasa sakit. Saat itu gue lihatnya, waw dia kesakitan banget dan gue enggak bisa ngapa-ngapain. Gue cuma bisa megang tangannya," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Takut

Melihat sang istri yang begitu kesakitan, Cassanova Alfonso sampai diliputi perasaan takut. Ia takut bila hal buruk terjadi pada Rianti Cartwright.

"Emosi yang dirasakan saat itu saat lihat dia kesakitan gue mikir. 'God, gue enggak bisa kalau misalnya enggak ada Rianti'. Saat itu yang gue fokusin, kalau dia baik, bayinya juga akan baik. Jadi, di situ yang bisa gue lakuin hanya menghadapi satu persatu dan berat banget," tuturnya.

5 dari 5 halaman

NICU

Namun, perjuangan menahan rasa sakit rupanya tak sebanding dengan kesedihan yang dirasakan Rianti saat putri kecilnya harus dilarikan ke NICU sesaat setelah dilahirkan.

"Persalinannya tuh bukan yang paling sulit, yang paling sulit itu pas aku lihat dia bersuara tapi enggak nangis. Ditaro di dada sebentar, oke terus langsung masuk NICU," kata Rianti Cartwright.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.