Sukses

Lutfi Agizal Akhirnya Minta Maaf, Akhiri Kontroversi Kata Anjay

Memperkenalkan diri sebagai YouTuber sekaligus pemengaruh, Lutfi Agizal minta maaf terkait kontroversi kata anjay yang memanas.

Liputan6.com, Jakarta Memperkenalkan diri sebagai pemengaruh dan YouTuber, Lutfi Agizal buka suara soal kontroversi kata anjay yang memanas belakangan. Ia menyampaikan klarifikasi di kanal YouTube pribadinya, Senin (31/8/2020).

Lewat video bertajuk “Klarifikasi: Akhir Kisah Anjay: Bahasa Menunjukan Bangsa,” Lutfi Agizal mengklaim, “Tidak menyangka bahwa akan menjadi perhatian 150 juta orang yang melihat di Instagram saya.”

Lutfi Agizal juga berencana membahas kata anjay dari lima sudut pandang. Yang dirilis baru dua, yakni sudut pandang pakar bahasa dan psikolog. Lutfi Agizal menjelaskan alasan tertarik membahas kata anjay.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Saya Ingin Menyudahi

“Ada sebuah berita online yang menyebutkan bahwa anjay ini maaf bisa bermakna buruk mengandung kata-kata maaf anjing, saya tertarik membahas ini,” Lutfi Agizal menjelaskan.

Di tengah jalan, ia mendapat masukan dari sejumlah pihak mengingat pembahasan kata anjay menuai pro-kontra dan menciptakan berbagai gesekan. “Saya ingin menyudahi pembahasan mengenai kata anjay ini di konten YouTube saya,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Memberikan Sudut Pandang

Namun jika ada instansi, LSM, atau lembaga pemerintahan yang ingin melanjutkan mengkaji atau membahas fenomena anjay, Lutfi Agizal mengembalikan kepada pihak tersebut. Lebih lanjut, ia menjelaskan maksud pembahasannya.

“Tidak untuk memecahbelahkan bangsa ini. Justru saya hadir ini hanya untuk memberikan sebuah sudut pandang wawasan yang lain dari berita yang saya pahami,” paparnya panjang.  

 

4 dari 5 halaman

Menyakiti atau Memecah Belah

“Kalau dirasa menjadi sebuah permasalahan, menjadi sebuah hal yang menyakiti hati, saya dan tim saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dikarenakan, bukan tujuan saya untuk menyakiti atau memecahbelahkan bangsa ini,” Lutfi Agizal menyambung.

Pada pengujung pernyataan, ia mohon maaf jika kontroversi anjay memantik keresahan seraya mengimbau khalayak untuk mengambil segi positifnya. Adsense dari dua konten bertema anjay didedikasikan Lutfi Agizal untuk anak-anak yang membutuhkan.

 

5 dari 5 halaman

Saya Mohon...

Terutama anak-anak yang kesulitan menjalani belajar daring selama pandemi. Informasi terkini terkait bantuan untuk anak-anak ini, akan diperbarui Lutfi Agizal di akun Instagram terverifikasi miliknya.

“Dan apabila kalian tetap ingin menggunakan kata-kata tersebut saya mohon untuk dapat digunakan di tempat yang tepat. Semoga tidak ada orang yang merasa tersakiti dengan kalimat-kalimat atau ucapan-ucapan yang kita omongkan,” Lutfi Agizal mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.