Sukses

Rizky Billar Klarifikasi Tudingan Lutfi Agizal Soal Anjay Bermakna Kasar

Saat kata anjay dipermasalahkan Lutfi Agizal dan dibahas di sejumlah akun gosip, Rizky Billar tak tinggal diam. Ia menyampaikan klarifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan, kata anjay yang dilontar Rizky Billar di beberapa kesempatan dipermasalahkan Lutfi Agizal. Gerah dengan pemberitaan media, Rizky Billar akhirnya mengklarifikasi.

Ia menyampaikan klarifiaksi dalam video bertajuk “Anjay, Apa Itu Anjay? Exclusive Versi Rizky Billar” yang mengudara di kanal YouTube Rizky Billar, Kamis (27/8/2020) malam.

“Alhamdulillah sih sesuatu yang keluar dari mulut gue, orang pada ngikut. Sebenarnya itu kata anjay gue enggak tahu artinya,” beri tahu Rizky Billar yang didampingi sahabatnya. Ichal Muhammad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Setuju

Rizky Billar tak setuju jika anjay dimaknai kasar. Cowok yang tengah dekat dengan Lesti Kejora ini bilang, anjay tercetus dari spontanitas saat diminta seorang sahabat menyanyikan lagu dangdut.

Rizky Billar menjawab tantangan dengan melantun tembang “Memandangmu” yang dipopulerkan Aldi Bragi dan Ikke Nurjanah. “Terus gue nyanyi tuh, memandangmu… anjay, kok enak ya, gue bisa nyanyi,” Rizky Billar mengingat.

3 dari 5 halaman

Gue Keceplosan

Cowok berusia 25 tahun ini menegaskan tak bermaksud untuk menggiring anjay menjadi kata yang kurang pantas. “Tidak ada niat ke sana,” Rizky Billar menekankan. 

“Gue keceplosan saja, spontanitas gue, di Stories sama Bang Afdal. Ramai tuh. Akhirnya gue setiap nyanyi dangdut, ujungnya kata anjay. Jadi trademark,” bintang sinetron Anak Jalanan dan Cinta Karena Cinta menyambung.

4 dari 5 halaman

Beda Intonasi, Beda Rasa

Anjay diasosiasikan sebagai pelesetan dari kata anjing. Omong-omong soal hewan penggonggong ini, Rizky Billar tak setuju kata anjing selalu dimaknai kasar. Menurutnya, pengucapan kata anjing mesti dicek dari aspek pelafalan dan konteks.

“Konteks kata anjing sendiri saat diucapkan dengan intonasi berbeda, rasa dan maknanya beda,” ulas Rizky Billar seraya menambahkan, “Kata anjing dengan pelafalan berbeda, itu artinya beda.”

5 dari 5 halaman

Beri Contoh Kalimat

Tak sekadar berpendapat, aktor kelahiran Medan, Sumatra Utara, 12 Juli 1995, ini memberi contoh dua kalimat dengan kata anjing yang diucapkan dengan intonasi berbeda.  

“Coba gue bilang, ‘Anjing keren banget lo kemarin, viewers-nya gede Bro.’ Beda dengan pengucapan, ‘Heh anjing, bayar utang lo!’ Beda rasanya, kan?” cetusnya. Rizky Billar mengimbau masyarakat bijak memaknai kata dan tak mudah terpengaruh opini orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.