Sukses

Usai Ditinggal Nikah, Lesti Kejora Tanya Taaruf ke Ustaz Subki Al Bughury

Liputan6.com, Jakarta Lesti Kejora mendapat predikat 'sad girl' karena ditinggal menikah oleh mantan kekasih, Rizki D’Academy. Kini, dirinya mendapat nasihat soal jodoh dari Ustaz Subki Al-Bughury. 

Hal tersebut ada dalam episode perdana Tasbih di Indosiar, Kamis (30/7/2020) pagi. Judul acara itu dengan tajuk 'Tasbih - Jodoh Dicari atau Dinanti' yang tayang 30 Juli 2020. Lesti Kejora bertanya mengenai taaruf kepada Ustaz Subki.

"Bah, sekarang temen-temen dede kan banyak banget yang menikah prosesnya tuh taaruf. Taaruf menurut syariat Islam itu seperti apa Bah?," tanya Lesti Kejora.

"Ya mungkin ada kisah, orang berlari kepada Rasulullah 'Ya Rasulullah nikahkan saya dengan dia', 'Kamu udah lihat belum?', 'Udah Rasulullah', 'Lihat lagi'," terang Ustaz Subki.

2 dari 5 halaman

Penasaran

Mendengar hal tersebut, Lesti semakin penasaran. Ia pun menggali lebih dalam mengenai hal tersebut. 

"Oh jadi boleh dilihat dulu ya Bah?," tanya Lesti.

"Boleh dilihat, boleh kenalan tapi ada semacam saksi atau keluarganya atau yang disebut dengan mahram. Suruh lihat dulu sama Nabi. Jangan-jangan dia salah lihat neneknya," jawabnya.

 

3 dari 5 halaman

Tafsir

"Makanya Nabi bilang lihat dulu. Apa yang boleh dilihat? Di dalam surat An Nur, yang boleh dilihat itu adalah apa-apa yang biasa terlihat. Saya lihat didalam tafsir yang biasa terlihat adalah wajah dan telapak tangan,"sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Acuan

Ustaz Subki kemudian menjelaskan bahwa dengan melihat telapak tangan dan wajah calon orang yang akan melakukan taaruf, itu bisa menjadi acuan sebagian kecil mengenai fisiknya. 

"Kan kelihatan warna kulit di sini. Bisa jadi acuan," kata dia.

"Kalau misalkan nih Bah udah lihat ada sesuatu yang kayaknya gak cocok nih, terus hati gak yakin. Itu boleh?," tanya Lesty.

"Ya gak apa-apa kan belum khitbah. Saat khitbah aja kalau memang ada sesuatu, karena bagian dalam bagian nikah punggungnya belang kayak zebra cross, dia gak suka akhirnya dibatalkan akadnya, itu gak apa-apa," jelas Ustaz Subki.

 

5 dari 5 halaman

Perkenalan

Dari pada proses akad yang dibatalkan, Ustaz Subki menyarankan ada baiknya untuk bicara terus terang sejak awal menjalani proses perkenalan. 

Sumber: Merdeka.com