Sukses

Bela Kue Klepon, Inul Daratista: Bikinnya Juga Pakai Bismillah...

Inul Daratista menanggapi viralnya kue klepon yang disebut sebagai makanan tak islami.

Liputan6.com, Jakarta - Inul Daratista mengetahui tentang beredarnya foto kue klepon yang dinarasikan sebagai jajanan tidak islami. Merasa hal itu tak benar, Inul Daratista tidak setuju dengan apa yang dinarasikan dalam foto kue klepon tersebut.

Sejak kecil, diakui Inul Daratista, ia sudah akrab dengan penganan berbentuk bola hijau dengan gula merah di dalamnya dan ditaburi parutan kelapa. Inul Daratista juga mengetahui bahan makanan yang digunakan untuk membuat kue klepon.

Soal penyebutan tak islami dalam kue klepon, Inul Daratista melayangkan protes kepada si pembuat foto. Menurut dia, itu sudah merusak citra makanan yang selama ini dinikmati masyarakat Indonesia.

"Klo pengen viral jgn merusak judul makanan lain," tulis Inul Daratista di akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (22/7/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jajanan Tradisional

Kue klepon sudah tak asing bagi Inul Daratista. Kue klepon telah menjadi jajanan tradisional yang telah lama dikenal masyarakat.

"Jajanan tradisional ini sdh ada dr jaman kamu blom lahir. Ini bisa kalian dapatkan di seputaran rumah saya di kejapanan sampe apollo gempol pasuruan arus ke malang atau probolinggo... krn jajanan ini buat wisata kuliner utk yg transit istirahat dan ngemil. Dan ini sdh ada sblm sy lahir !!" sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Halal dan Bersih

"Bikinnya juga fresh di lihat matamu nek tuku langsung di buat suruh nunggu... halal,bersih,kelapa diparut depan matamu,dimakan pake pincuk daun pisang atau box mini,harga juga murah meriah," cetus pelantun "Kocok-kocok" dan "Masa Lalu."

"Yg jualan juga byk yg kerudung. Bikin juga pake bismillah. Laku alhamdulillah kadang dibonusin satu dus kecil.Baru nyadar CROT itu apa ?? Ternyata pd heboh klepon," Inul Daratista berpendapat.

 

4 dari 5 halaman

Keheranan

Nyonya Adam Suseno mengaku heran dengan adanya narasi kue klepon jajanan tidak islami. Padahal ia mengetahui, kue itu dibuat dengan cara yang baik oleh banyak umat Muslim.

"Klepon isi gula merah atau gula putih menyesuaikan selera yg beli trus dinamakan ga halal iku kamsute opo ya cuuukkkk? Monggo yg lewat seputaran gempol apollo anda akan dapati penjual berjejer klepon fresh disitu. Viral bgni bisa menguntungkan bisa juga merugikan !!! Yg gagal paham bukan islami ra gelem tuku maneh. Yg uteknya sehat ga ngefek," ujar pemilik album Goyang Inul. 

5 dari 5 halaman

Bersaing Sehat

Inul Daratista menyarankan agar bisnis dikelola dengan cara yang baik dan tidak menjatuhkan produk manapun. "Bersaing boleh tapi ojo kebangetan sama2 cari nafkah," ibunda Yusuf Ivander Damares mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.