Sukses

Bintang Emon Difitnah, Ernest Prakasa Sebut Ada Kemungkinan Pengalihan Isu

Liputan6.com, Jakarta Bintang Emon telah membuktikan bahwa tuduhan bahwa ia mengonsumsi narkoba adalah salah. Setelah muncul fitnah tersebut kepadanya, dengan sigap Bintang Emon langsung memeriksakan diri ke rumah sakit untuk cek urin sebagai pembuktian bahwa ia negatif narkoba.

Bintang Emon kemudian mengunggah hasil tes tersebut ke Instagram pribadinya pada Senin (15/6/2020) malam. Dari hasil tes tersebut, terbukti bahwa segala tuduhan terkait narkoba itupun terbantahkan.

"Pasien diperiksa di RS Pondok Indah Puri Indah dan dilakukan pemeriksaan urin test Amphetamine, Opiates Coccaine, Marijuana (THC), dan Benzodiazepine hasilnya dinyatakan negative," begitu isi surat keterangan medis dari Rumah Sakit Pondok Indah yang diunggah Bintang Emon.

Terlepas dari itu, Ernest Prakasa sebagai sesama komika dan sahabat Bintang Emon menduga ada beberapa kemungkinan terkait fitnah terhadap Bintang Emon. Kemungkinan-kemungkinan itu disampaikannya melalui unggahannya di Instagram TV.

 

2 dari 5 halaman

Tiga Kemungkinan

"Jadi orang yang melakukan aksi kita terhadap Bintang kalau menurut gue kemungkinannya ada tiga, yaitu yang pertama memang ada pihak-pihak yang ada di kubu pemerintahan yang merasa bahwa kritik Bintang bikin panas," kata Ernest Prakasa.

"Kemungkinan yang kedua adalah orang yang pengen memberikan kesan bahwa pemerintah tidak terima, membentuk opini itu," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Pengalihan Isu

Selain itu, Ernest Prakasa menduga ada kemungkinan fitnah terhadap Bintang Emon ini hanyalah pengalihan isu terhadap isu lain yang lebih penting. Sehingga fokus publik dipusatkan ke Bintang Emon.

"Ketiga adalah orang-orang yang pengen bikin ramai untuk mengalihkan isu. Jadi mungkin ada isu lain yang lebih penting yang tidak ingin mendapatkan perhatian, jadi diangkatlah sensasi atau dibuatlah sesuatu supaya ramai supaya orang ngebahas, dan berhasil," kata Ernest Prakasa.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Gegabah

Namun yang ingin disoroti oleh Ernest Prakasa bukanlah apa motif pembuat isu tersebut, melainkan bagaimana Bintang Emon dan masyarakat menyikapi hal tersebut. Ernest Prakasa mengimbau masyarakat untuk tidak gegabah

"Gue cuma mau bilang gini, apapun yang terjadi di media sosial, teman-teman jangan gegabah untuk menilai, jangan gegabah untuk bereaksi. Karena seringkali hal seperti ini yang diharapkan dari kita adalah reaksi. Reaksi yang memanaskan situasi, reaksi-reaksi yang sebenarnya tidak perlu," kata Ernest Prakasa.

 

5 dari 5 halaman

Terus Beri Dukungan

Yang perlu dilakukan publik saat ini adalah terus memberikan dukungan kepada Bintang Emon. Diharapkan dengan adanya masalah ini, Bintang Emon tetap berkarya.

"Jadi kalau menurut gua adem aja, santai aja yang penting kita support Bintang. Kita teman-temannya Bintang kasih dukungan-dukungan moral, personal gitu WhatsApp dan segala macam datangin orangnya kalau perlu biar dia nggak ngerasa sendirian. Kita doakan yang terbaik buat Bintang supaya dia nggak kapok, itu penting banget supaya tetap jahil, tetap kritis," sambung Ernest Prakasa lagi.