Sukses

Konser Amal Satu Indonesia Berhasil Kumpulkan Donasi Miliran Rupiah dalam Beberapa Jam Saja

Liputan6.com, Jakarta Hal luar biasa dan mengharukan terjadi di Konser Amal Satu Indonesia, Minggu (10/5/2020) malam. Dalam konser musik yang digelar PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan disiarkan live SCTV, Indosiar, O Channel, Vidio dan didukung Liputan6.com itu terkumpul donasi dari pemirsa miliran rupiah.

Konser Amal Satu Indonesia yang digelar di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat kemarin malam itu melibatkan 300 selebritis. Mereka bukan hanya para penyanyi dan vokalis band, tapi juga pesinetron, artis film, komika, presenter dan bahkan olahragawan.

Dan selama 4 jam konser berlangsung, terkumpul donasi dari pemirsa yang ditransfer ke nomor rekening Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih yang tertera di layar televisi dan disebutkan terus menerus oleh 3 host yaitu Irfan Hakim, Sheila Purnama serta Senandung Nacita.

Komitmen Emtek Group, seluruh keuntungan yang terkumpul dari Konser Amal Satu Indonesia, Minggu malam, termasuk perolehan iklan dari pihak sponsor diserahkan kepada yayasan di bawah holding Emtek Group itu. 

 

2 dari 5 halaman

Donasi

Konser Amal Satu Indonesia, Minggu malam kemarin berhasil menghimpun donasi dari pemirsa sebesar  Rp 2.804.786.624 dalam durasi 4 jam acara berlangsung. Sekedar informasi, sejak Maret 2020, Emtek melalui SCTV dan Indosiar sebenarnya telah berhasil mengumpulkan donasi masyarakat mencapai Rp 12.515.173.734 melalui kegiatan Emtek Peduli Corona. Dan, itu juga didapatkan dari pengguna Bukalapak dan pembaca Liputan6.com di kegiatan dengan bendera yang sama.

Yang mengharukan juga adalah bahwa perolehan dari pihak sponsor Konser Amal Satu Indonesia sebesar Rp 6.350.000.000, semuanya dipersembahkan EMTEK Group untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19. “Seluruh hasil donasi dari pemirsa, pihak sponsor, dan seluruh keuntungan yang terkumpul dari konser amal ini diserahkan kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk penanggulangan pandemi COVID-19”, terang Sutanto Hartono, Managing Director EMTEK Group, Minggu malam di atas panggung.

Dan, malam itu secara simbolis hasil donasi diserahkan langsung Sutanto Hartono mewakili Emtek Group kepada Ketua Umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Imam Sudjarwo. "Kami akan langsung salurkan melalui distribusi alat kesehatan, masker dan lain-lain. Juga dalam bentuk sembako untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," papar Imam Sudjarwo.

Konser Amal Satu Indonesia ini diselenggarakan sebagai wujud penghargaan tinggi Emtek Group terhadap para pahlawan bangsa dalam memerangi Covid-19. Mereka antara lain Presiden RI, BNPB, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, tim medis, TNI, POLRI hingga seluruh lapisan masyarakat yang mematuhi anjuran pemerintah.

Konser ini juga mengajak pemirsa dan masyarakat untuk melihat lebih dekat pada pengorbanan serta perjuangan para pahlawan medis di berbagai titik terdepan penanganan wabah Corona. Yaitu mulai dari keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) hingga harus terpisah dengan orang-orang terkasih.

Emtek pun mengapresiasi antusiasme rekan-rekan selebritis yang terlibat dalam konser amal ini secara sukarela serta para sponsor yang turut mendukung konser amal ini.

 

 

3 dari 5 halaman

Rossa Berbincang dengan Tim Medis

Rossa sebagai salah satu artis yang turut serta berkomitmen dalam Konser Amal Satu Indonesia berkesempatan menyapa langsung tim medis di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso - Jakarta, di atas panggung melalui video call. Rossa sempat membawakan sngle hits-nya, yaitu "Tegar" dan "Hati Yang Kau Sakiti". Termasuk Tanah Air ciptaan Ibu Sud dengan iringan Twilite Orchestra pimpinan Addie MS. 

Rangkaian acara diawali sejak sore hari via live streaming di aplikasi VIDIO mulai pukul 16.00-20.000 WIB. Dipandu Indy Barends dan Indra Bekti, pemirsa diajak untuk mengetahui situasi terkini di Wisma Atlet yang menjadi RS Darurat Corona serta aksi para selebriti demi membangkitkan semangat berbagi kepada tenaga medis di garda terdepan dan masyarakat terdampak pandemic.

Jelang azan maghrib Ustaz Zaki, yang merupakan alumnus ajang pencarian bakat Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar menyampaikan tausiyah.

Dan mulai pukul 20.00 WIB, Irfan Hakim bersama news presenter Senandung Nacita dan Sheila Purnama hadir membuka puncak Konser Amal Satu Indonesi yang ditayangkan live di SCTV, Indosiar O Channel dan live streaming di Vidio.

 

4 dari 5 halaman

Agnez Mo dan We Are The World

Penampilan vokalis band terpopuler antara lain Ariel Noah, Pasha Ungu, Tantri Kotak, Giring Ganesha, Charly Setia Band dan nama-nama besar yang dikenal luas di industri musik tanah air membuka Konser Amal Satu Indonesia dengan menyanyikan lagu “Negeriku” disusul langsung penampilan dari Agnez Mo lewat lagu “Be Brave”.

Agnez Mo juga berkesempatan berbincang-bincang dengan Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta dr. Mohammad Syahril, SpP, MPH melalui sambungan video conference. Begitu besar perjuangan tim medis yang menangani pasien COVID-19. Bahkan salah satu tenaga medis dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso – Jakarta harus gugur di tengah perjuangannya.

“Indonesia bangga memiliki tim medis terbaik. Mereka adalah pahlawan bangsa yang berada di garda terdepan. Banyak hal yang patut untuk kita syukuri salah satunya adalah memiliki banyak waktu dengan orang-orang terkasih”, ungkap Agnez Mo.

Rhoma Irama juga tampil. Raja dangdut berkolaborasi manis dengan alumnus ajang pencarian bakat Indosiar yakni D’Academy, LIDA (Liga Dangdut Indonesia) serta Bintang Pantura saat menyanyikan lagu terbaru yang diciptakan oleh Rhoma Irama berjudul “Virus Corona”.

Sementara komika Ernest Prakasa, Raditya Dika, Abdel, Bintang Emon SUCA, Mo Sidik, Uus dan komika ternama lainnya menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja serta tidak mudik demi menekan laju penyebaran COVID-19.

Tidak ketinggalan Golden Voices yaitu Hetty Koes Endang, Iis Sugianto, Dessy Ratnasari, Joy Tobing, dan beberapa penyanyi dengan suara emas lainnya tampil kompak dengan lagu “Arti Kehidupan” karya Doel Sumbang.

Menariknya sportscaster dan atlet berkolaborasi membawakan lagu “Garuda Di Dadaku” yang menggugah semangat untuk tetap bersatu. Tidak hanya selebritis, tenaga medis pun tidak ketinggalan untuk turut menyumbangkan suaranya lewat lagu "Heal The World", hit Michael Jakson.

Sementara Agnez Mo menutup konser malam itu dengan membawakan lagu "We Are The World". Lagu ini dipopulerkan Lionel Richie dkk di tahun 1985, dalam kegiatan sosial USA for Afrika, untuk membantu orang-orang yang kelaparan di Afrika. 

 

 

5 dari 5 halaman

Donasi Masih Terus Diterima

Ketua Umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih yang juga Direktur Utama Indosiar, Bapak Imam Sudjarwo menjelaskan sebelum Konser Amal Satu Indonesia berlangsung hari ini, terhitung hingga 10 Mei 2020 EMTEK Peduli Corona telah berhasil mengumpulkan donasi dari pemirsa SCTV dan Indosiar, pengguna Bukalapak, dan pembaca Liputan6.com lebih dari Rp 12,5 miliar

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih telah menyalurkan amanah ini berupa Alat Pelindung Diri (APD), alat kesehatan, dan sembako ke seluruh penjuru tanah air. “Target Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih selanjutnya memiliki program #SejutaMaskerDanSembako untuk masyarakat yang terdampak COVID-19. Terima kasih kepada masyarakat yang telah berdonasi melalui Emtek Peduli Corona”, tutur Imam Sudjarwo.

Lewat Konser Amal Satu Indonesia Emtek Group memperlihatkan betapa semangat gotong royong dari berbagai kalangan menjadi satu kekuatan menghadapi wabah yang sedang melanda negeri ini untuk tetap optimis dan bangkit kembali. 

Emtek Peduli Corona masih terus menerima partisipasi masyarakat yang juga ingin mendukung perjuangan para tenaga medis dan masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di berbagai penjuru Indonesia melalui beberapa pilihan nomor rekening antara lain BCA (500.557.2000) – SCTV, BCA (162.633.8888), BRI (0376.01.001220.30.7), Mandiri (122.00.5578.2000) – INDOSIAR atas nama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih serta melalui platform aplikasi Bukalapak di Serbu Seru Bukalapak dan scan QR Code di aplikasi DANA.