Sukses

Begini Cara Soimah saat Mentok Melawak dalam Ramadan Di Rumah Saja Indosiar

Liputan6.com, Jakarta - Soimah bersyukur masih bisa tampil dalam acara live di televisi di tengah masa pandemi Covid-19. Sejak 1 Ramadan 1441 H, atau Jumat (24/4/2020) wajah artis berdarah Jawa ini muncul di acara Ramadan Di Rumah Saja Indosiar.

Setiap malam, variety show religi itu tayang live, membuat Soimah harus bekerja hingga lewat tengah malam di studio Indosiar, Jakarta Barat.

"Alhamdulillah masih ada job. Tapi kan dengan protokol physical distancing yang dijaga," ungkapnya saat press conference virtual atau door stop online bersama sejumlah wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ramadan Di Rumah Saja memuat beragam segmen. Salah satunya Sketsa Keluarga Ambyar. Di bagian ini, Soimah tampil berakting dalam sebuat fragmen dengan teman berbeda-beda bersama para host lainnya. Mereka adalah Irfan Hakim, Gilang Dirga, Jirayut dan Rara LIDA.

2 dari 5 halaman

Bersama Rekan Baru

Sketsa Keluarga Ambyar membuat Soimah bertemu dengan rekan artis baru. Ada Jirayut DAA dan juga Rara LIDA yang beradu akting selain Irfan Hakim dan Gilang Dirga.

"Ada tantangannya juga. Kalau sama Irfan Hakim dan Gilang Dirga kan sudah biasa. dengan Rara dan Jirayut ada penyesuaian baru," aku Soimah.

3 dari 5 halaman

Cepat Adaptasi

Soimah bersyukur artis junior bisa cepat beradaptasi. "Rara dan Jirayut punya bakat. Cepat menyesuaikan ketika berakting di sketsa Keluarga Ambyar," kata ibu 2 anak ini.

Sketsa Keluarga Ambyar setiap episode menghadirkan kisah beragam. Ini menjadi semacam pengantar tema bahasan setiap episode. Soimah, Irfan dan Gilang serta 2 rekan junior mereka berakting dengan skenario global. Mereka diminta piawai berimprovisasi.

4 dari 5 halaman

Segmen Lainnya

Sketsa Keluarga Ambyar adalah salah satu segmen menarik di Ramadan Di Rumah Saja Indosiar. Variety show religi ini juga memuat segmen lainnya, Indonesia Mengaji. Inilah kompetisi qari dan qariah se-Indonesia. Ada juri komentator yang hadir berganti-ganti setiap episode.

Segmen lain Indonesia Berdoa, dan juga Indonesia Silaturahmi. Segmen terakhir yang disebut adalah penayangan video call ke rumah seleb. Indonesia Berdoa dipandu Irfan Hakim. Sementara Indonesia Silaturahmi bersama Gilang Dirga.

5 dari 5 halaman

Tanpa Penonton

Tanpa penonton di Studio Indosiar, Jakarta Barat, menjadi ciri khas Ramadan Di Rumah Saja setiap malam. Ini terkait dengan protokol physical distancing saat pandemi Covid-19. 

"Ada tantangannya juga sih enggak pake penonton. Biasanya kita denger ketawa atau tepuk tangan penonton," kata Soimah menjawab pertanyaan wartawan.

Tapi, biasanya Soimah punya tips kalau merasa mentok saat improvisasi melawak, meski tak ada energi dari penonton.

"Biasanya aku lihat wajah rekan artis. Aku lihat muka Irfan atau Gilang. Karena kami sudah bertahun-tahun bareng jadi tahu kode, hahahaha," katanya.