Sukses

Parasite Cetak Sejarah, Film Berbahasa Asing Pertama yang Menang Best Picture Piala Oscar

Piala Oscar 2020 membuat kejutan besar. Pasalnya, Parasite ditetapkan menjadi film terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Piala Oscar 2020 membuat kejutan besar. Pasalnya, Parasite ditetapkan menjadi film terbaik Piala Oscar 2020 mengalahkan kandidat terkuat, yakni 1917.

Saat Jane Fonda menyebut Parasite, para tamu tampak syok. Para pemain, produser, dan sutradara Parasite kemudian diundang naik panggung diiringi tepuk tangan para tamu.

Sineas Bong Joon-Ho tidak lagi berpidato melainkan produser Kwak Sin-ae. Di panggung Piala Oscar 2020, produser Kwak Sin-Ae menyatakan masih tak percaya Parasite menang Piala Oscar kategori utama. Untuk sejenak, ia tak bisa berkata apa-apa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Bisa Berkata Apa-apa

“Saya tak bisa berkata apa-apa. Saya tak pernah membayangkan ini akan terjadi karenanya saya sangat bahagia. Saya pikir ini momen paling menyenangkan yang pernah terjadi. Saya ekspresikan rasa syukur terbesar saya untuk prestasi yang bersejarah ini,” ujarnya di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS,  Minggu (9/2/2020) malam atau Senin pagi waktu Indonesia. 

Salah satu perwakilan dari Parasite kemudian menyampaikan terima kasih kepada Bong Joon-Ho. Menurutnya, Bong Joon-Ho berperan besar dalam memoles Parasite hingga menjadi produk layar lebar yang mendunia.    

3 dari 5 halaman

Rambut Bong Joon-Ho

“Terima kasih telah menjadi diri sendiri, saya menyukai apa pun dalam dirinya (Bong Joon-Ho) termasuk rambutnya yang kacau, tapi khususnya bagaimana ia menyutradarai film ini,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, “Terima kasih, saya sangat berterima kasih. Dan saya berterima kasih untuk siapa pun yang mendukung, bekerja, dan mencintai Parasite.”

4 dari 5 halaman

Film Berbahasa Asing Pertama

Segenap pemain dan kru Parasite juga berterima kasih kepada siapa pun yang menonton dan dengan jujur menyampaikan komentar maupun perasaanya terhadap film tersebut.

Academy Awards atau Oscars telah diselenggarakan 92 kali. Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang menang Piala Oscar Best Picture.

5 dari 5 halaman

Empat Piala

Seperti diketahui, Parasite meraih 6 nominasi yakni Film, Sutradara, Film Berbahasa Asing, Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Tata Artistik Terbaik. Parasite membawa pulang 4 Piala Oscar untuk Film Berbahasa Asing, Sutradara, Skenario Asli, dan Film Terbaik.

Prestasi ini menyamai film Asia yang dirilis 20 tahun silam, Crouching Tiger, Hidden Dragon. Meraih 10 nominasi, Crouching Tiger, Hidden Dragon menang 4 Oscar untuk Tata Musik, Tata Artistik, Sinematografi, dan Film Berbahasa Asing Terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.