Sukses

6 Fakta Menarik Nominasi Oscars 2020, Dari Parasite Hingga Scarlett Johansson

Liputan6.com, Jakarta Saat nominasi Oscars 2020 diumumkan pada Senin (13/1/2020) malam, publik ramai membahasnya. Seperti diketahui nominasi Oscars 2020 ke-92 dibacakan di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Pemerhati dan pencinta film memuji sekaligus mengkritisi. Salah satunya, tak ada perempuan di kategori Penyutradaraan Terbaik. Sineas Great Gerwig yang mengantar film Little Women meraih 6 nominasi Oscar (termasuk Film Terbaik) gagal menjadi nomine.

Ada banyak fenomena selama nominasi Oscars 2020 diumumkan. Showbiz Liputan6.com memilih 6 fakta menarik dari pengumuman nominasi Oscars 2020 semalam. Apa saja?

2 dari 7 halaman

1. Sejarah Baru Parasite

Kejutan pertama datang dari Asia. Sejak awal, Parasite diramal jadi kandidat kuat Film Berbahasa Asing Terbaik Oscars 2020. Prediksi itu tergenapi. Yang tidak disangka-sangka, Parasite menyabet 5 kategori lain yakni Penyutradaraan, Skenario Asli, Penyuntingan, Desain Produksi bahkan, Film Terbaik.

Parasite menjadi film Asia kedua yang dinominasikan Oscars untuk Film Terbaik. Sebelumnya, Crouching Tiger Hidden Dragon. Meraih 10 nominasi Piala Oscar, karya Ang Lee itu menang di 4 kategori.

3 dari 7 halaman

2. Pukulan Ganda Scarlett Johansson

Scarlett Johansson bikin geger karena meraih dua nominasi di kategori akting, yakni Pemeran Utama Wanita Terbaik (Marriage Story) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Jojo Rabbit). Ini kali pertama Black Widow menjadi nomine Oscars. Sekalinya dapat, langsung dua!

Pukulan ganda Scarlett Johansson mengingatkan dunia pada kiprah Cate Blanchett tahun 2008. Cate jadi nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik (Elizabeth Golden Age) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (I’m Not There). Ia pulang dengan tangan kosong. Bagaimana dengan Scarlett?

4 dari 7 halaman

3. Akhirnya Antonio Banderas Dinominasikan

Berkarier sejak 1982 dan membintangi lebih dari 100 film, serial, dan FTV, dedikasi Antonio Banderas di dunia seni tak perlu disangsikan lagi. Ia juga membintangi sejumlah film laris seperti The Legend of Zorro, Desperado, dan The Expendables 3. Aktingnya dinilai tidak berkembang.

Tak pernah dinominasikan BAFTA dan SAG Awards. Tak pernah pula menang Golden Globes. Kini, keaktorannya diakui Oscars. Di usia hampir 60 tahun, Antonio Banderas nomine Pemeran Utama Pria Terbaik via Pain and Glory.

5 dari 7 halaman

4. Musikal dan Komedi Tidak Digubris

Tahun ini, rekomendasi Golden Globes di bidang Film Musikal atau Komedi tidak digubris Oscars. Nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal Komedi seperti Ana de Armas (Knives Out), Cate Blanchett (Where’d You Go, Bernadette), Emma Thompson (Late Night), dan Beanie Feldstein (Booksmart) tak diberi ruang.

Awkwafina yang menang lewat The Farewell pun tidak masuk nominasi. Dari lima nomine aktor film musikal atau komedi Golden Globes, hanya Leonardo DiCaprio (Once Upon A Time In Hollywood) yang lolos. Taron Egerton yang menang via Rocketman malah gagal.

6 dari 7 halaman

5. Ironi Diane Warren

Tahun ini, Diane Warren nomine Oscar Lagu Tema Film Terbaik lewat tembang “I’m Standing With You” yang menjadi soundtrack Breakthrough. Ini nominasi ke-11. Diane Warren hingga kini belum pernah menang. Karya abadinya seperti “I Don’t Wanna Miss A Thing” (Aerosmith), Because You Loved Me (Celine Dion), dan “How Do I Live” (Trisha Yearwood) hanya jadi nomine Oscars.

Namun ada yang nasibnya lebih tragis dari Diane Warren. Thomas Newman, nomine Penata Musik Terbaik tahun ini via film 1917, 15 kali dinominasikan dan belum pernah menang.

7 dari 7 halaman

6. Tanpa Pembawa Acara

Tahun lalu, untuk kali pertama dalam sejarah malam puncak Oscars dihelat tanpa pembawa acara. Ini dikritisi sejumlah media Amerika Serikat. “Mengapa Pembawa Acara Oscars Menjadi Profesi Paling Tidak Diminati Sedunia?’ tulis sebuah media. Di luar dugaan, Oscars 2019 sukses.

Presiden ABC Entertainment, Karey Burke, menyebut Oscars tahun ini pun tanpa MC. “Meski demikian, nilai hiburannya tetap keren, banyak lagu, komedi, dan bertabur bintang,” ujarnya saat diwawancara Deadline, pada 11 Januari 2020.  

Loading
Artikel Selanjutnya
Christian Bale dan 5 Artis Ini Ditolak Oscars 2020, Siapa Saja?
Artikel Selanjutnya
Daftar Lengkap Nominasi Oscars 2020, Joker Borong 11 Nominasi