Sukses

Reza Oktovian Tak Percaya Ada Surga dan Neraka Usai Mati Suri

Liputan6.com, Jakarta - Reza Oktovian mencuri perhatian masyarakat ketika menjadi bintang tamu dalam sebuah konten video yang dipandu Deddy Corbuzier. Kala itu, Reza Oktovian membuat pengakuan bahwa dirinya telah menghapus kata Muhammad yang sejatinya ada di depan nama aslinya.

Tak cukup sampai di situ, masih dalam video yang sama, Reza Oktovian mengaku bahwa dirinya belum memutuskan agama apa yang dianutnya selama ini. Meski begitu, Reza Oktovian mengaku cukup mengenal beberapa agama di Indonesia.

"Gue masih belum ada (agama), dari gue lahir, dari gue bisa berpikir, dari gue TK sampai SMA, gue sekolah di sekolah Kristen. Tapi gue di keluarga, gue belajarnya muslim, (ajaran) Islam dari nyokap gue," kata Reza Oktovian dalam video yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

Belum Menentukan

Reza Oktovian mengklaim bahwa dirinya mengetahui semua cara-cara beribadah umat Islam hingga puji-pujian umat Kristen. Hanya saja, ia belum menentukan agama yang akan dianutnya.

"i even know every muslim pray, semuanya, al Fatihah gitu-gitu gue bisa, tapi di Kristen lu mau tanya gue ayat Alkitab, enggak semua ayat maksudnya Matias, Markus, Yohanes gitu-gitu gue hafal, lagu-lagu puji-pujian gue hafal," katanya.

Ia melanjutkan, "Gue belajar Budha, gue belajar Hindu. Tapi kalau tanya sekarang (agama) gue apa, gue enggak pernah tentukan."

 

3 dari 5 halaman

Tak Percaya Surga dan Neraka

Selain itu, meski sempat ragu mengungkapkan, namun Reza Oktovian mengatakan bahwa dirinya tidak mempercayai adanya surga dan neraka. Hal itu diutarakannya ketika ditanya mengenai kepercayaannya kepada Tuhan.

"Gue enggak menyebut agnostik, gue tidak milih apa-apa, does God exist?" tanya Reza Oktovian. "I don't believe any of it (surga dan neraka)," katanya lagi.

4 dari 5 halaman

Pernah Mati Suri

Kemudian, Reza Oktovian bercerita bahwa dirinya pernah meninggal dunia saat berusia sembilan tahun. Kala itu, Reza Oktovian mengalami mati suri selama 12 jam.

"Gue sudah pernah meninggal, jadi gue gak percaya. Gue mati suri 12 jam, umur sembilan tahun benaran meninggal. Sudah divonis meninggal, sudah di kamar mayat, orang gue bangunnya di kamar mayat," ungkap Reza Oktovian.

5 dari 5 halaman

Prematur

Tak hanya itu, karena terlahir secara prematur, Reza Oktovian mengatakan bahwa dirinya memiliki masalah di beberapa organ tubuhnya. Hal itulah yang membuatnya mengalami mati suri.

"Gua kan lahir tujuh bulan, prematur. Terus gue sakit jantung, terus pas umur sembilan tahun komplikasi demam berdarah, jantung gue kumat, terus tekanan darah gue rendah, lambung gue bocor karena muntah darah terus, dan meninggal umur sembilan sembilan tahun," ungkapnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Reza Oktovian Hilangkan Muhammad dari Nama Depannya, Kenapa?