Sukses

Surat Terbuka Rina Nose kepada Haters

Rina Nose memulai surat terbuka ini dimulai dengan dua pertanyaan menohok.

Liputan6.com, Jakarta Rina Nose salah satu artis yang kerap berurusan dengan para pembenci atau haters. Tak jarang, Rina Nose meladeni komentar para pembenci di kolom komentar dan sesekali mengunggahnya di Instagram Stories. Minggu (29/9/2019) siang, Rina Nose kembali meladeni para pembenci.

Rina Nose mengunggah sepuluh tangkapan layar berisi komentar para pembenci berikut tanggapannya. Menyertai 10 tangkapan layar itu, Rina Nose menulis status teks serupa surat terbuka. Surat terbuka ini dimulai dengan dua pertanyaan menohok.

 

“Kepada para pembenci, bolehkah saya bertanya, dari mana kalian yang selalu menghujat itu mendapat pelajaran-pelajaran dan latihan untuk membenci orang lain yang berbeda? Untuk tidak saling menghargai terhadap individu lainnya. Siapa yang mengajari Anda-anda untuk menghakimi dan menilai orang lain yang berbeda dengan kalian itu salah jalan?” tulis Rina Nose.

Ia juga bertanya apakah dalam konsep berpikir haters, kebebasan artinya berbuat sesuka hati, tanpa batas, berbuat seenaknya dan hanya bermuara pada hal-hal buruk? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Moral

Jika betul begitu, Rina Nose prihatin dengan kualitas moral dan mental para pembenci. Menurutnya, hanya orang bermoral rendah yang akan melakukan perbuatan buruk jika memungkinkan dan memiliki kesempatan. Dia hanya baik jika diawasi ancaman dan hukuman.

“Pemikiran yang luhur tidak memiliki konsep kejahatan! Semua yang buruk dieliminasi oleh kecerdasan moral dan spiritual untuk memilih yang baik dan ideal. Semua atas dasar kesadaran,” urai dia seraya mengingatkan tujuan cerdas, untuk mencapai kesempurnaan spiritual.

3 dari 3 halaman

Naluri Manusia

Rina Nose mempertanyakan warganet yang hobi mengingatkan sambil menghakimi orang lain. Lupa pada empati.

Mengapa kita begitu bernafsu mengingatkan orang lain pada kebaikan, sedangkan manusia sendiri sudah terlahir dengan naluri kebaikan? Kebaikan tetaplah kebaikan di mana pun tempatnya dan apa pun bentuknya!” Rina Nose menyambung.

Menurutnya, “Jika kita melihat kebaikan hanya dari satu sudut pandang yang kita anggap paling benar, maka kita tidak akan bisa melihat kebaikan-kebaikan yang lainnya.”

Kurang dari sejam unggahan ini disukai lebih dari 30 ribu warganet. Sejumlah seleb menyukai pemikiran Rina Nose, salah satunya Luna Maya. Ribuan komentar membanjiri kolom. Sebagian masih menghujat Rina Nose. Sebagian lagi mendukung pemikirannya.

 

(Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini