Sukses

Kesan Sultan Hamengkubuwono X Usai Menonton Film Bumi Manusia

Gala premiere film Bumi Manusia sukses digelar di XXI Empire, Yogyakarta, Selasa (12/8/2019).

Liputan6.com, Yogyakarta - Gala premiere film Bumi Manusia sukses digelar di XXI Empire, Yogyakarta, Selasa (12/8/2019). Kedatangan Mawar de Jongh, Ine Febrianti, serta pemain lainnya disambut hangat ratusan penggemar yang sudah datang sejak sore hari.

Namun di antara sekian banyak undangan premier film Bumi Manusia, Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi tamu spesial.

Orang nomor satu di Yogyakarta itu diminta langsung Hanung Bramantyo selaku sutradara, untuk menonton film Bumi Manusia.

Selama hampir tiga jam Sultan HB X menyimak kisah perjuangan cinta Minke dan Annelies. Sultan HB X pun mengungkapkan kesannya terhadap film yang diangkat dari novel laris Pramoedya Ananta Noer tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pujian untuk Hanung Bramantyo

"Cerita itu bukan bicara klimaks seperti cerita yang lain. Tapi ke dalam values, kedalaman isi. Dari cerita itu, kita tahu bagaimana seseorang membuat aturan hukum, menghargai orang, dilihat dari sisi kulit, dari sisi penjajahan, dari hukum keadilan yang tidak didapat. Jadi memang itu kompleks sekali," kata Sultan Hamengkubuwono X.

Sultan HB X juga memuji Hanung Bramantyo dalam menyuguhkan nilai-nilai novel Bumi Manusia yang dikemas dalam film.

"Cerita itu memberikan nilai yang sangat besar untuk kita pahami. Dalam konteks membangun persaudaraan, pertemanan, menghargai sesama. Serta keadilan yang universal, menjadi tidak universal karena perbedaan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini