Sukses

Izin Terbang Single Engine Vincent Raditya Dikembalikan, Ini 3 Faktanya

Vincent Raditya kembali bisa mengudara menggunakan pesawat single engine.

Liputan6.com, Jakarta - Vincent Raditya saat ini tengah berbahagia. Lisensi terbangnya untuk pesawat single engine yang sempat dicabut, kini telah dia dapatkan kembali.

Vincent Raditya merupakan seorang pilot yang juga aktif di kanal YouTube. Ia mulai dikenal publik ketika membuat video bersama sejumlah artis kenamaan Indonesia seperti Baim Wong, Nia Ramadhani dan Limbad.

Diketahui, lisensi terbang pilot Vincent Raditya untuk single engine sempat dicabut oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Pencabutan lisensi tersebut bukannya tidak mendasar. Vincent Raditya dianggap telah mengabaikan prosedur keselamatan ketika membuat konten YouTube.

Dalam salah satu video di kanal YouTube-nya, Vincent Raditya terlihat mengajak Limbad untuk terbang menggunakan pesawat Cessna 172. Pada ketinggian 1.500 kaki, Vincent Raditya mempraktikkan exercise G Force (zero gravity) yang sukses membuat Limbad ketakutan hingga akhirnya bersuara.

Selain itu Vincent Raditya juga membawa Limbad yang duduk di samping pilot tanpa menggunakan shoulder harness atau sabuk pengaman. Dua hal tersebut dinilai cukup membahayakan keselamatan penumpang.

Pada akhirnya lisensi terbang Vincent Raditya untuk single engine yang sempat dicabut, kini sudah diperolehnya kembali. Berikut 3 fakta pengajuan ulang lisensi terbang single engine Capt Vincent Raditya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permohonan Ulang

Usai izin terbang single engine-nya dicabut Kemenhub, Capt Vincent Raditya kembali melakukan permohonan ulang. Lewat kanal YouTube, ia membagikan cerita ketika menjalani serangkaian prosedur permohonan lisensi single engine. Pada tahap awal ia menemui head of training yang akan mengujinya.

"Jadi maksud dan tujuan saya datang ke sini yaitu untuk apply ulang lisensi saya," ucap Vincent Raditya.

3 dari 4 halaman

Tes Wawancara dan Praktik

Pada tes wawancara, Vincent Raditya diberi beberapa pertanyaan terkait masalah teknis dalam prosedur penerbangan. Mulai dari instrumen dasar yang harus diperhatikan saat menerbangkan pesawat, hingga prosedur keselamatan yang harus dilakukan jika pesawat mengalami kemungkinan terburuk.

Sebagai pilot profesional, Vincent Raditya pun berhasil menjawab semua pertanyaan tersebut dengan lancar. Begitu pun ketika ia melakukan praktik di dalam kabin pesawat. Semua tes yang diajukan instruktur tersebut berhasil ia selesaikan.

4 dari 4 halaman

Janji Bikin Konten Edukatif

Setelah mendapatkan lisensinya kembali, Vincent Raditya terlihat begitu semringah. Ia berjanji akan kembali aktif dalam membuat konten YouTube. Masalah kemarin dijadikan pelajaran berharga oleh Vincent, sehingga ia berjanji untuk membuat konten kreatif yang edukatif.

"Akhirnya dengan bangganya saya sampaikan lisensi saya kembali, jadi semuanya sudah selesai, buat kalian yang penasaran kita sudah dapat beraktivitas kembali dan tentunya tidak kalah pentingnya memberikan edukasi dan hiburan buat kalian semuanya" ucapnya. (Nurul Hasanah/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini