Sukses

Bukan Cinta, Hotman Paris Akui Banyak Wanita Jadi Korban Masalah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pinjaman online melalui smartphone tak selalu menghadirkan akhir cerita bahagia. Kemudahan mendapatkan uang secara mudah, berujung dengan kepahitan yang ditelan dalam-dalam oleh para pengguna aplikasi pinjaman online.

Pengacara kondang Hotman Paris pun mengetahui banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi pinjaman online.

Yang membuat hati Hotman Paris tersayat, kebanyakan penggunanya adalah kaum wanita atau perempuan muda.

"Pinjaman aplikasi online semakin banyak memakan korban. Wanita-wanita muda, ibu-ibu muda banyak yang datang ke Kopi Johny (bertemu Hotman) mengadu soal pinjaman aplikasi online," kata Hotman Paris melalui video yang diunggahnya di Instagram.

 

2 dari 3 halaman

Resah dengan Bunga Tinggi

Berkembangnya teknologi dan informasi membuat inovasi dilakukan di berbagai bidang, mulai dari sektor ekonomi hingga sektor keuangan. Beberapa jenis inovasi di bidang keuangan di antaranya yakni aplikasi pinjaman online lewat smartphone.

Melihat hal tersebut, saat ini negara juga ikut andil dalam mengurangi efek negatif dari pesatnya pertumbuhan inovasi di bidang keuangan dengan memberikan wewenang pada Otoritas Jasa Keuangan untuk mengawasi setiap Financial Technology (Fintech) yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah. 

Hal tersebut juga membuat Hotman Paris resah. "Saya enggak tahu kenapa, sampai sekarang belum ada turun dari OJK maupun kepolisian untuk menangkap pelaku pelakunya yang beroperasi tanpa izin, dengan bunga yang sangat tinggi," dia melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Ikut Peraturan

Beberapa poin penting yang sangat dilarang oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah melarang pemberi pinjaman online untuk mengakses daftar kontak, maupun berkas dalam device hingga menggali informasi pribadi dari ponsel pengguna. 

Selain itu setiap badan usaha yang menyelenggarakan pinjaman online juga diwajibkan untuk mengikuti peraturan OJK dengan nomor POJK 77/2016 serta POJK 18/2018 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. OJK sebagai regulator juga mengimbau setiap calon nasabah yang hendak melakukan pinjaman pada Fintech, diharuskan memberikan izin yang telah diberikan oleh OJK.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cantik dan Seksi, Ini Asisten Pribadi Baru Hotman Paris?
Artikel Selanjutnya
Dinar Candy Habiskan Rp 70 Juta untuk Implan Payudara