Sukses

Inilah Deretan Karya Sastrawan Nh Dini yang Dikenang Sampai Kini

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sastrawan besar Nh Dini. Beberapa tulisan yang dibuatnya menjadi hits dan digemari orang. Nh Dini memang dikenal sebagai penulis yang peduli dengan kaum perempuan. Tak salah itu karena karya-karyanya selalu menceritakan tentang kaum perempuan.

Beberapa karya Nh Dini yang cukup dikenal adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977),  Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), dan  Hati yang Damai (1998). Itu semua belum termasuk karya-karyanya dalam bentuk kumpulan cerpen, novelet, atau cerita kenangan.

Seperti dikutip dari berbagi sumber, banyak yang menyebutnya sebagai pengarang sastra feminis yang terus menyuarakan kemarahan kepada kaum laki-laki. Terlepas dari apa pendapat orang lain, ia mengatakan bahwa ia akan marah bila mendapati ketidakadilan khususnya ketidakadilan gender yang sering kali merugikan kaum perempuan. 

Hingga kini, Nh Dini telah menulis lebih dari 20 buku. Kebanyakan di antara novel-novelnya itu bercerita tentang wanita. Namun banyak orang berpendapat, wanita yang dilukiskan Dini terasa “aneh”. Ada pula yang berpendapat bahwa dia menceritakan dirinya sendiri.

Itu penilaian sebagian orang dari karya-karyanya. Akan tetapi terlepas dari semua penilaian itu, karya Nh Dini adalah karya yang dikagumi. Buku-bukunya banyak dibaca kalangan cendekiawan dan jadi bahan pembicaraan sebagai karya sastra.

 

2 dari 3 halaman

Daftar Buku Karya Nh Dini

Pada Sebuah Kapal

Hati yang Damai

Padang Ilalang di Belakang Rumah

Sekayu

Pertemuan Dua Hati

Keberangkatan

La Barka

Monumen

Istri Konsul

Sebuah Lorong di Kotaku

Kemayoran

Tirai Menurun

Langit dan Bumi Sahabat Kami

Namaku Hiroko

Argenteuil

Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang

Dua Dunia, buku kumpulan cerita pendek

3 dari 3 halaman

Berikut Video Terkait

Artikel Selanjutnya
Rendah Hati dan Kesederhanaan Nh Dini Semasa Hidup
Artikel Selanjutnya
Selamat Jalan Nh Dini, Sastrawan Penyetia Jalan Sunyi