Sukses

Sambut Sumpah Pemuda, Thedyingsirens Rilis Lagu dalam Bentuk Kaset

Ini merupakan lagu bertema nasionalis kedua setelah Thedyingsirens sempat merilis lagu Indonesiaku.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek musik kolektif asal Jakarta, Thedyingsirens kembali dengan merilis Mini Album berjudul "Tumpah Darah Kita". Lagu ini menyusul dirilisnya single "The One" pada 2017 lalu.

Lagu "Tumpah Darah Kita" diciptakan oleh Pugar Restu Julian alias Uga (vokal) dan Dhendy Mawardi (gitar) dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober. Ini merupakan lagu bertema nasionalis kedua setelah Thedyingsirens sempat merilis lagu "Indonesiaku" pada 2015. Lagu tersebut merupakan single digital yang masuk ke dalam album Baby On Board pada 2016.

"Sekarang Indonesia ada di era kebebasan, tapi kebebasan ini malah disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik yang menyebabkan pertikaian, perselisihan. Sehingga tercipta kubu-kubu yang saling bertentangan dan saling bermusuhan, baik di dunia maya maupun dunia nyata," ujar Dhendy, dalam sebuah siaran pers yang diterima Liputan6.com, belum lama ini.

"Lagu ini dibuat untuk mengingatkan kita akan Sumpah Pemuda, di mana ada sumpah yang sakral bertujuan untuk menjaga tanah air supaya tetap Satu Tanah Air, Bangsa dan Bahasa. Sebagai generasi sekarang, kita wajib menjaga serta mengamalkan sumpah tersebut serta menjadi agen perubahan untuk menjaga tumpah darah kita demi generasi penerus," sambung Uga.

Personil Thedyingsirens yang terlibat di lagu ini antara lain Pugar Restu Julian (vokal), Dhendy Mawardi (gitar, vokal), Pronky (bass), Raveliza (drum), dan Rini Harsono (vokal). Ini merupakan kedua kalinya thedyingsirens berkolaborasi dengan Rini, setelah ia ikut terlibat di lagu "The One".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Terbatas

Lagu "Tumpah Darah Kita" juga akan dirilis dalam bentuk kaset, bekerja sama dengan Paviliun Records dalam jumlah terbatas. Rilisan tersebut berisi lagu "Tumpah Darah Kita" dalam berbagai versi, termasuk demo, live acoustic, remix dan karaoke version.

Rilisnya kaset ini juga bertepatan dengan perayaan Cassette Store Day pada 13 Oktober 2018. Berikut daftar lagu di mini album Tumpah Darah Kita:

Tumpah Darah Kita

Tumpah Darah Kita (Live Acoustic)

Tumpah Darah Kita (Pugar Restu Julian Remix)

Tumpah Darah Kita (with Speech)

Tumpah Darah Kita (Demo)

Tumpah Darah Kita (Karaoke Version) 

Untuk artwork lagu "Tumpah darah Kita" ini dibuat oleh Irwin Yustiansyah yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Thedyingsirens dalam pengerjaan artwork album Our Times Our Feelings, single "Indonesiaku", dan single "Semua Itu Butuh Waktu".

3 dari 3 halaman

Dapat Diterima

Thedyingsirens berharap lagu ini dapat diterima pencinta musik Tanah Air sebagai penyemangat rakyat Indonesia untuk membangun bangsa dan negara ini.

"Kita juga berharap lagu Tumpah Darah Kita ini bisa menjadi lagu yang menggugah orang supaya bisa lebih mencintai NKRI," ucap Uga.

Video lirik lagu "Tumpah Darah Kita" ini juga sudah bisa dinikmati di kanal youtube Thedyingsirens, bersamaan dengan rilisnya di digital streaming service mulai 1 Oktober 2018. 

Sebelumnya Thedyingsirens sudah mengeluarkan allbum yaitu Sketches of A Humming (2007), Our Times Our Feelings (2013), Baby On Board (2016) dan beberapa single yang berjudul “Semua Itu Butuh Waktu” (2015), “Indonesiaku” (2015), “Baby On Board” (2016), “The One” (2017). 

Thedyingsirens saat ini sedang dalam proses rekaman album terbaru yang dijadwalkan rilis 2019. Album ini rencananya berisi 10 lagu terbaru yang juga ditulis oleh personil thedyingsirens. Dalam album mendatang, Thedyingsirens masih berada di dalam jalur indie rock dengan konsep kolaborasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini