Sukses

Bukan Hanya Rocker, Andy /rif Juga Jago Silat

Andy /rif terlibat dalam film Wiro Sableng.

Liputan6.com, Jakarta Andy /rif mencuri perhatian publik. Itu karena gayanya yang unik saat menjadi Dewa Tuak dalam film Wiro Sableng. Film tersebut memang belum ditayangkan. Namun poster sang rocker sebagai Dewa Tuak bikin terperangah publik dan menjadi  viral, pekan lalu.

Tak salah jika pentolan grup band /rif ini menjadi salah satu pemain film drama laga itu. Andy /rif mengungkapkan fakta dirinya punya kemampuan bela diri silat. Bahkan, pernah satu perguruan silat dengan Yayan Ruhian 'Mad Dog' yang ngetop lewat film The Raid. 

Yayan Ruhian merupakan pesilat dan guru bela diri asal Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena ahli bela dirinya yang tinggi, setelah The Raid dia bermain dalam sejumlah film laga dalam dan luar negeri bersama aktor kenamaan dunia. 

Benarkah Andi /rif satu perguruan dengan Yayan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahan Pukul

"Ya benar. perguruannya namanya PSTD. Itu singkatan dari Pencak Silat Tenaga Dasar. Jadi itu mungkin lebih difokuskan ke mengolah pernapasan untuk menjadikan kekuatan tubuh. Seperti tahan pukul," ujarnya via WhatsApp. 

3 dari 4 halaman

Gerakan Dasar

Andi /rif juga bercerita bahwa PSTD memiliki kesamaan dengan pencak silat, "Intinya gerakan-gerakannya hampir sama seperti pencak silat. Cuma kelebihan di PSTD itu punya ilmu tenaga dasar. Jadi lebih konsentrasi, fokus, ketenangan pikiran, hati."

4 dari 4 halaman

Sibuk di /rif

Cukup lama berkecimpung di PSTD, rupanya Andi telah memutuskan untuk berhenti. "Sebelum /rif, sekitar 5 tahunan ada mungkin. Jadi ketika sibuk dengan /rif, saya mengurangi porsi latihan. Akhirnya malah sama sekali nggak pernah. Jadi saya memutuskan untuk berhenti di Dan II (tingkatan pencak silat) waktu itu," kata Andi mengungkap alasannya berhenti dari PSTD.

 

Sumber: Kapanlagi.com

Reporter: Akbar Prabowo Triyuwono

Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.