Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

10 Film Horor Dunia yang Menghantui Penonton Sampai Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Film horor, khususnya dari Asia, kerapkali memberikan mimpi buruk bagi penontonnya. Sosok hantu atau makhluk tak kasat mata dalam film horor di Asia ini rata-rata digambarkan berdasarkan urban legend atau kepercayaan masyarakat sekitar.

Hal itu dipercaya menjadi daya tarik film horor Asia. Maklum, sosok hantu memiliki kedekatan dengan lingkungan penonton. Jadi, wajar sepanjang film diputar, penonton bisa saja merasakan bulu kuduk merinding.

Namun film horor mencekam ternyata tak hanya berasal dari Asia saja, film produksi Hollywood juga bisa menjadi mimpi buruk bagi penonton.

Ditambah lagi, memang ada beberapa sosok yang dipercaya masih berkeliaran. Apa saja film horor Asia dan Hollywood yang membuat penonton bergidik ngeri?

 

2 dari 11 halaman

The Innkeepers

The Innkeepers mengenai hari terakhir di Hotel Yankee Pedlar Inn, dua orang pegawai mengisahkan kengerian hotel yang sangat mengganggu. Bahkan, beberapa tamu juga merasakannya. Lucunya, hotel tempat tim produksi mengina, ternyata dihantui atau dihuni makhluk tak kasat mata.

Padahal, sutradara film The Innkeepers merupakan orang yang skeptis, tidak percaya dengan hal berbau mistis. Namun rekan-rekannya telah merasakan hotel tempat mereka menginap membuat bulu kuduk merinding.

Berdasarkan laporan hotel yang lokasinya tak jauh dari sebuah kota itu menyebabkan kru film sering bermimpi buruk. Misalnya kejadian pesawat televisi yang mendadak menyala sendiri. Atau lampu kamar yang tiba-tiba putus.

 

3 dari 11 halaman

Ringu

Sadako merupakan karakter utama dalam film horor Jepang Ringu (1998). Kesuksesan film ini membuat Hollywood mengadaptasi kengeriannya dalam film The Ring (2002).

Sadako mengutuk semua orang yang menonton videonya. Sadako menjadi legenda di Jepang dan dipercaya merupakan wanita yang mendapatkan kekerasan seksual hingga kemudian dibunuh. Lalu, mayatnya dibuang ke sumur.

Salah satu adegan paling mengerikan di film ini adalah ketika video diputar, hantu Sadako muncul dari sumur, lalu naik ke atas dengan cara jalannya yang aneh.

Rambut Sadako yang panjang dan berantakan menutupi semua wajahnya. Bajunya pun lusuh dan kotor hingga terdengar suara yang membuat bulu kuduk merinding.

4 dari 11 halaman

Ghost of Mae Nak

Mae Nak merupakan sosok hantu mengerikan di Thailand. Mae Nak digambarkan sebagai wanita yang baru melahirkan. Sebuah laporan menyebutkan, Mae Nak awalnya adalah wanita cantik yang tengah hamil.

Saat itu, suaminya harus berperang. Saat melahirkan, wanita tersebut tewas bersama anaknya. Lalu, suaminya yang baru pulang berperang mendapati istri dan anaknya telah menantinya. Siapa sangka, tetangganya memberitahu sebenarnya istri dan anaknya telah mati dan selama ini dia tinggal dengan hantu.

Pada 2005, film Ghost of Mae Nak dibuat. Ceritanya dibuat sedikit berbeda mengenai pasangan yang menempati sebuah rumah baru.

Di sini, sang wanita terus mendapatkan gangguan hantu. Dia kerap kali melihat sosok wajah pucat dan mengerikan. Adegan paling mengerikan saat hantu ini membunuh korbannya, dari cara memenggal hingga dibakar hidup-hidup.

5 dari 11 halaman

Kuchisake-onna

Kuchisake-onna, nama sosok wanita mengerikan dengan luka sayatan lebar di mulutnya, menjadi legenda di Jepang. Film ini dirilis pada 2007 silam dan diperankan oleh aktris Miki Mizuno.

Legenda menyatakan bahwa sebuah kota diteror oleh roh seorang wanita yang wajah cantiknya telah dirusak dengan sangat sadis oleh suaminya yang cemburu. Berkeliaran di jalanan mengenakan penutup mulut untuk bedah dan mantel panjang, hantu wanita itu akan mendekati korban-korbannya yang masih muda.

Dan sambil membuka penutup mulutnya ia bertanya, watashi kawaii desu ne? atau apakah aku cantik?”

Jawaban para korban itu selalu berakhir dengan kematian mereka yang brutal. Kini, satu persatu anak-anak kecil mulai lagi menghilang.

Saat para guru dan pihak kepolisian mulai menyelidiki kasus ini, kepanikan mulai terjadi saat roh wanita itu kembali untuk sebuah urusan yang belum selesai.

6 dari 11 halaman

The Conjuring 2

Film The Conjuring 2 memberikan "mimpi buruk" baru bagi penikmat horor. Kehebohan The Conjuring membuat film besutan James Wan itu melesat dan menduduki peringkat teratas box office Amerika pada 2013 silam.

Salah satu hal yang paling menarik dari The Conjuring adalah karena film ini diangkat dari kasus nyata di Enfield, Inggris, pada 1977. Beberapa media pun mewawancarai Janet Hodgson, saksi mata yang menjadi "korban" dari aktivitas supranatural itu.

Rupanya selama syuting, semua orang yang terlibat dalam film ini diganggu oleh makhluk astral. Semua itu jelas-jelas dialami sang sutradara, James Wan, yang mengungkapkan berbagai kejadian aneh yang juga dialami di rumahnya, diwartakan FoxNews.

Saat itu, James Wan baru memelihara anjing. Suatu malam, anjing kecil itu menatap ke arah tembok kosong, tak ada siapa-siapa. Anjing tersebut menyalak terus dan terlihat sangat ketakutan.

7 dari 11 halaman

Malam Satu Suro

Malam Satu Suro juga membuat bulu kuduk merinding, dirilis 1988 silam. Belum apa-apa, penonton sudah disuguhkan dengan adegan seorang dukun yang tengah bertarung dengan hantu sundel bolong.

Rupanya dukun itu ingin menjadikan sundel bolong tersebut sebagai anak angkatnya yang diberi nama Suketi. Sundel bolong itu kembali menjadi manusia, menikah dengan Bardo Ardiyanto (Fendy Pradhana).

Sayangnya, ulah orang yang iri membuat Suketi kembali menjadi Sundel Bolong. Suketi sangat sedih karena kehidupannya yang telah bahagia bersama keluarganya dirusak. Situasi bertambah tegang ketika Preti kemudian diculik oleh kawanan penjahat Joni yang berkomplot dengan dukun jahat.

Komplotan Joni meminta uang tebusan, namun Preti justru terbunuh secara tidak sengaja oleh salah satu penjahat. Suketi menjadi marah besar dan mengamuk setelah tahu bahwa anaknya terbunuh. Sundel Bolong Suketi mulai melangsungkan balas dendamnya kepada komplotan penjahat.

8 dari 11 halaman

Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan dirilis 1982 silam. Teror dimulai ketika seorang pengurus rumah bernama Darminah (Ruth Pelupessy) hadir di sebuah keluarga yang baru saja kehilangan ibu mereka.

Lewat berbagai ritual ilmu hitam yang dilakukannya, Darminah pun membuat satu persatu anggota keluarga tersebut terjatuh ke dalam bahaya, terlebih setelah dua di antara mereka, dibunuh dan dijadikan mahluk yang mengerikan.

Rupanya sebelum teror di rumahnya terjadi, karakter Bondi (Nasar Anuz) merasakan ketakutan di rumahnya sendiri. Yang pertama adalah jendela kamarnya yang langsung menghadap areal pemakaman. Bocah SD itu kerap membayangkan bakal ada mayat hidup yang bangkit dari salah satu makam di sana.

Satu hal lagi yang membuatnya takut adalah sang ibu (Ayu Laksmi) yang terbaring di kamar lantai atas dan digerogoti penyakit misterius. Ibunya itu kini berwajah sangat pucat pasi, kadang megap-megap dan membuka lebar-lebar mulutnya seperti kehabisan napas.

 

9 dari 11 halaman

Poltergeist

Poltergeist pertama kali rilis pada 1982, kisahnya mengetengahkan sebuah keluarga di pinggiran kota yang diikuti oleh hantu jahat.

Di film ini digambarkan adanya makhluk tak kasat mata yang hidup berdampingan dengan manusia. Selanjutnya, fenomena supranatural yang mengerikan di rumah milik sebuah keluarga. Terlihat jelas bahwa sang anak perempuan diculik sekelompok iblis dan orangtuanya berusaha menyelamatkannya.

Gadis kecil bernama Madison yang memiliki panggilan Maddie itu berbicara kepada seseorang yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Tak lama, Maddie menghilang di dalam lemari.

Seorang cenayang muncul. memberikan sebuah penjelasan kepada keluarga yang malang itu. Menyusuri rumah keluarga itu, mereka pun masuk ke dunia lain demi menyelamatkan Maddie.

10 dari 11 halaman

Danur

Film Danur, diangkat dari novel populer berjudul sama yang ditulis Risa Saraswati. Kisahnya bersama teman-temannya yang notabene bukan manusia. Mereka adalah William, Jansen, dan Peter. Selain ketiga anak tersebut, terdapat juga satu hantu jahat yang selalu berseteru dengan mereka, yakni Asih.

Ceritanya bermula saat Risa ulang tahunnya yang ke-8, berdoa agar dirinya memiliki teman. Tepat setelah ia meniup lilin di kue ulang tahunnya, keanehan-keanehan mulai terjadi.

Risa kecil bertemu tiga anak laki-laki Belanda yang sedang bermain petak umpet di lemari neneknya. Mereka adalah Peter, William, dan Janshen. Ketiga teman barunya itu bukanlah seorang manusia, melainkan hantu.

Teror dimulai saat Asih muncul. Risa yang memiliki seorang adik bernama Riri, ternyata dibawa ke dunia mereka. Semua itu terjadi karena Riri menyangka Asih adalah pengasuhnya.

11 dari 11 halaman

The Possession

The Possession tayang 2012 silam. Kisahnya dimulai saat Putri bungsu Clyde (Jeffrey Dean Morgan) membeli sebuah kotak kayu antik di sebuah bazaar.

Kelakuan Putrinya yang menjadi tidak terkontrol perlahan-lahan membuat Clyde sadar jika kotak kayu antik tersebut ternyata berisi dybbuk atau sejenis roh jahat. Untuk menyelamatkannya, Clyde akhirnya mengadakan sebuah ritual pengusiran setan bersama para pemuka agama yang ia temui.

Dalam film The Possession ternyata ada kejadian mengerikan saat proses pengambilan gambarnya. Ada seorang pemain yang dikabarkan mengalami kesurupan saat break syuting.

Ole Bornedal, sutradara The Possession mengatakan, banyak sekali hal aneh yang terjadi selama syuting. Salah satunya, lampu yang terbakar mendadak tanpa ada yang menyalakannya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Film Horor dengan Biaya Produksi Termahal
Artikel Selanjutnya
Ku Tak Percaya Kamu Mati: Catatan Kritis Untuk Nalar Cerita dan Desain Poster Film