Sukses

Kaleidoskop 2017: 6 Skandal Hebohkan Industri K-Pop

Liputan6.com, Jakarta Korean Wave tengah merajalela di dalamnya, industri hiburan yang glamor dengan berbagai intrik di dalamnya. Saat ini, korean Wave yang dikenal dengan K-Pop itu berhasil menguasai dunia.

Beberapa artis asal negeri ginseng juga mulai terkenal di seluruh dunia. Selain itu, pundi-pundi uang biasanya akan dengan mudah masuk.

T.O.P `Big Bang` (Soompi)

Wajar saja, beberapa orang berbondong-bondong menorehkan namanya di K-Pop dengan melakukan berbagai cara. Namun beberapa skandal ini terjadi sacara tak sengaja, sangat menghebohkan.

Liputan6.com merangkum skandal menghebohkan yang terjadi sepanjang 2017 ini. Apa sajakah itu?

1 dari 7 halaman

Kasus Ganja Dilakukan T.O.P

Choi Seung Hyun atau yang lebih dikenal sebagai T.O.P ialah personel Big Bang yang tengah tersandung skandal barang haram. Saat melakukan wajib militer, T.O.P tertangkap tangan menghisap ganja.

Sebuah fakta terungkap, T.O.P melakukannya bersama seorang wanita, diketahui bernama Han Seo Hee. Dia adalah trainee di agensi yang juga mengasuh T.O.P.

Skandal ini membuat nama T.O.P sebagai member Big Bang jadi rusak. Bahkan, T.O.P sempat dikeluarkan dari kesatuannya ketika melakukan wajib militer.

T.O.P `Big Bang` (Pinterest)

Merasa malu dan depresi, T.O.P yang dikenal dengan suara husky-nya di Big Bang itu sempat melakukan percobaan bunuh diri, pada Juni 2017. Akhirnya, T.O.P langsung dilarikan ke unit gawat darurat karena kondisinya yang disebut mengkhawatirkan.

Seorang sumber menyatakan, T.O.P tidur dengan sangat lelap. Saat pagi, T.O.P yang dibangunkan untuk sarapan sempat membuka matanya. Namun ia meminta untuk dibiarkan tidur lagi.

Big Bang (Naver)

"Akhirnya, saat siang hari, T.O.P ditemukan berkeringat. Lalu, dia tidak bisa bangun, langsung dilarikan ke rumah sakit untuk melakukan tes kesehatan."

Tim medis sempat memberikan keterangan, "T.O.P mengonsumsi obat dari dokter. Ternyata mengandung obat tidur. Kini, sistem pencernaan dan tubuh T.O.P harus dibersihkan dari zat itu.

2 dari 7 halaman

Sungmin super Junior Diboikot Fans

Sungmin, personel Super Junior pertama yang melepas masa lajang, menikahi wanita yang ia cintai, Kim Sa Eun, 13 Desember 2014. Sebelum menikah, Sungmin sempat berjanji tetap menjadi personel Super Junior meski dirinya telah menikah. Sungmin ingin tetap berkarya bersama rekan-rekannya dan menghibur ELF, sebutan penggemar Super Junior.

Sayangnya, Sungmin seolah kehilangan pesona bagi penggemarnya setelah menikah. Buktinya, fansite khusus Sungmin banyak yang ditutup. Beberapa admin situs khusus penggemar Sungmin menyatakan, para penggemar belum bisa menerima kenyataan bahwa Sungmin telah menikah.

Sungmin `Super Junior` (Weiboo)

Pada Juni 2017, Sungmin sempat diboikot fans Super Junior. Bahkan, beberapa dari mereka menolak memberikan dukungan kepada Super Junior jika Sungmin masih ikut tampil.

Kabar tersebut telah sampai ke telinga Sungmin. Dengan penuh kesadaran, personel Super Junior itu meminta maaf kepada rekan-rekannya dan penggemar. Akhirnya, Sungmin memutuskan untuk tidak tampil dan ikut dalam proyek musik terbaru Super Junior.

Super Junior (Nate)

"Hai, ini Sungmin. Aku minta maaf telah banyak menyusahkan kalian. Aku baru sadar banyak sekali komentar negatif yang datang. Aku minta maaf. Aku jadi teringat ketika mempersiapkan pernikahan, seolah tidak memikirkan perasaan penggemarku yang telah memberikan dukungan selama 10 tahun. Aku rasa, aku harus sering banyak berkomunikasi dengan para penggemar untuk menghindari kesalahpahaman," tulis Sungmin,

"Saat aku wamil, aku berharap segera kembali untuk bergabung dengan Super Junior. Sebagai personel Super Junior, aku berharap Super Junior bisa terus mendapatkan cinta dari kalian. Jadi, aku memutuskan untuk tidak ikut tampil bersama mereka. Ini semua untuk menghindari kontroversi. Ini adalah keputusan terbaik. Aku minta maaf. Aku harap Super Junior bisa tampil total dengan karya barunya," Sungmin menambahkan.

3 dari 7 halaman

Onew Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Pada Agustus 2017, kabar tak sedap datang dari personel SHINee, Onew. Idol yang pernah beradu akting dengan Song Hye Kyo di Descendants of the Sun itu diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.

Sebuah bukti berupa video memperlihatkan Onew diduga telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di sebuah kelab malam. Sebuah laporan menyebutkan, Onew telah menyentuh beberapa bagian tubuh wanita tersebut. Nahas, saat melakukan aksinya itu, ia terekam kamera CCTV.

Onew `SHINee` (Pinterest)

"Kejadiannya bermula saat wanita yang inisialnya A tengah menari. Onew duduk tak jauh dari tempat A menari," seorang polisi yang tak mau disebutkan namanya memberikan komentar.

Tak lama, seorang kerabat A melaporkan Onew `SHINee` ke pihak berwajib. Onew pun langsung dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. Selama lima jam, Onew harus menjawab pertanyaan penyidik.

SHINee (Naver)

Rupanya kabar tersebut membuat Onew merasa sangat bersalah. Meski membantah kasus pelecehan seks itu, nama Onew jadi terlanjur tercemar. Onew sempat vakum dari industri hiburan karena harus berkaca diri.

Namun laporan lain menyebutkan, A tak melanjutkan laporannya. Alasannya, kejadian itu bisa saja terjadi saat berada di kelab malam. Selain itu, A juga mengalami kerugian karena identitasnya telah diketahui publik.

4 dari 7 halaman

Anjing Milik Siwon Super Junior Gigit Orang hingga Meninggal

Tahun ini tampaknya Super Junior tengah dirundung berbagai masalah. Kini, skandal menimpa Siwon.

Pada Oktober 2017, Siwon `Super Junior` tak menyangka anjing kesayangannya akan membawa petaka. Gigitan anjing milik Siwon ini menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Siwon `Super Junior` (Naver)

Sebuah laporan menyebutkan, anjing milik Siwon berjenis french bulldog menggigit CEO restoran terkenal, Hanilkwan, akhir September 2017. Tak lama setelah dibawa ke rumah sakit, korban mengembuskan napas terakhir, diwartakan Naver, baru-baru ini.

Keluarga korban merilis foto bekas gigitan anjing milik Siwon. Terlihat luka yang cukup dalam dengan lebar sekitar 3 sentimeter (cm) di tubuh korban, bekas gigitan tajam.

Siwon `Super Junior` (Officiel Homme)

Kematian korban diduga akibat sepsis setelah gigitan. Sepsis adalah suatu keadaan yang mesti ditangani dengan baik yang berhubungan dengan adanya infeksi oleh bakteri. Bila tidak segera diatasi, sepsis dapat menyebabkan kematian penderita.

Personel Super Junior itu disebut-sebut membuat publik marah. Bahkan, beberapa dari mereka meminta Siwon mundur dari drama terbaru yang dibintanginya.

5 dari 7 halaman

Kangin Lakukan Kekerasan Terhadap Wanita

Pada November 2017, sebuah skandal mencuat dan menyeret nama kangin. Personel Super Junior itu diduga melakukan kekerasan terhadap seorang wanita.

Dalam sebuah laporan tertulis, Kangin tengah minum dengan rekannya, hingga berbuntut dengan keributan. Polisi sempat datang untuk menghentikan keributan.

Kangin `Super Junior` (Soompi)

Kangin diduga melakukan tindakan kekerasan terhadap wanita yang mengaku sebagai kekasihnya. Namun setelah polisi datang, semua telah kembali tenang. Keduanya saling meminta maaf.

Member Super Junior ini dianggap banyak melanggar aturan. Fans Super Junior yang disebut ELF meminta Kangin mundur dari boyband yang membesarkan namanya itu.

Situs khusus ELF ramai membicarakan Kangin seharusnya keluar dari Super Junior. Mereka menyebut, Kangin telah membuat nama Super Junior menjadi hancur, hingga citranya buruk.

Super Junior (Naver)

Ini bukan pertama kalinya Kangin terlibat skandal. Pada 24 Mei 2016, Kangin mabuk, membuatnya mengalami kecelakaan yaitu menabrak lampu jalan.

Beruntung tak ada korban dalam kejadian itu. Namun personel Super Junior itu dinilai lalai dalam berkendara. Ini bukan kali perdana Kangin melakukan kesalahan tersebut pada 2009 silam.

6 dari 7 halaman

Taeyeon Girls Generation Tabrak Taksi

Pada November 2017, Taeyeon yang mengalami sebuah skandal, membuat namanya nyaris hancur. Kejadian tak terduga dialami vokalis utama Girls Generation, Taeyeon. Saat melakukan kegiatan solonya, mobil yang dikendarai Taeyeon menabrak taksi di depannya, yang mengakibatkan taksi tersebut menabrak mobil di depannya.

Meski tak ada korban jiwa, peristiwa nahas ini ternyata berbuntut panjang. Pasalnya, dua korban dalam taksi yang ditabrak Taeyeon SNSD menyebutkan perlakuan tak adil yang mereka terima usai kecelakaan.

Taeyon `Girls Generation` (Soompi)

Salah satu warganet yang disebut-sebut merupakan korban kecelakaan ini, mengunggah pernyataan panjang lebar lewat akun Instagramnya. Salah satunya, soal rasa marah karena pihak medis mendahulukan penanganan Taeyeon SNSD ketimbang para korban yang mengalami pendarahan.

"Darah supir taksi bercucuran dari lehernya, tapi mereka bilang itu tak apa-apa, hanya tergores. Saat aku tanya apa supir taksi ini bisa duduk di mobil gawat darurat sebentar untuk menenangkan dirinya, mereka tidak membolehkan karena sang pengendara (Taeyeon) harus ada di sana," tulis sang korban.

Girtls Generation (Naver)

Taeyeon pun dianggap sebagai penyebab kecelakaan yang terjadi. Mengaku bersalah, Taeyeon mengungkapkan permintaan maaf kepada semua pihak. Lewat akun media sosial miliknya, member Girls Generation ini juga berjanji akan berkendara dengan lebih berhati-hati.

"Aku minta maaf karena membuat kalian khawatir. Aku minta maaf untuk sopir taksi dan semu apihak yang terlibat dalam kecelakaan ini," tulis Taeyeon, diwartakan KoreaBoo.

"Aku menulis ini agar tak terjadi kesalahpahaman. Di lain waktu, aku akan berkendara dengan lebih hati-hati lagi," Taeyeon menambahkan.