Sukses

Kaleidoskop 2017: 6 Momen Tak Terlupakan di K-Pop

Liputan6.com, Jakarta Hanya tinggal menghitung hari 2018 menyapa. Sepanjang tahun ini, ada banyak kejadian tak terlupakan yang terjadi di industri hiburan K-Pop, khususnya Korea Selatan.

Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo digelar secara tertutup pada 31 Oktober 2017 lalu di Shilla Hotel, Korea Selatan (Instagram)

Baik kabar bahagia maupun sedih, mulai dari pernikahan, pertunangan hingga artis meninggal dunia. Momen tersebut terus membekas di pikiran penggemar K-Pop di Indonesia.

Lalu, apa saja momen tak terlupakan sepanjang 2018 yang terjadi di industri K-Pop? Ini dia laporannya yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Miss A Bubar

Miss A debut 2010 di bawah asuhan JYP Entertainment beranggotakan Jia, Fei, Min, dan Suzy. Selama enam tahun merasakan asam dan garam di dunia hiburan bersama, Jia akhirnya mundur dari group idol yang membesarkan namanya itu.

JYP Entertainment selaku agensi yang mengasuh Miss A menyatakan, Jia tak melanjutkan kontrak bersama Miss A, 20 Mei 2016. "Kami tetap mendukung Jia yang telah bergabung. Kami berharap Jia bisa lebih bersinar di masa mendatang," ujar wakil dari JYP Entertainment pada 2016 silam.

Miss A (Naver)

Meski Jia mundur, Miss A masih tetap `hidup`. Sayangnya, eksistensi Miss A tak terdengar di K-Pop selama beberapa waktu belakangan ini, personel Miss A yang lain, khususnya Suzy, sibuk dengan kegiatan solo.

Hingga akhirnya, JYP Entertainment mengumumkan, Rabu (27/12/2017), Miss A harus bubar. Setelah 7 tahun merasakan asam dan garam di industri hiburan, Miss A tutup usia.

 

2 dari 7 halaman

Jonghyun SHINee Bunuh Diri

Kabar duka muncul, Jonghyun, member SHINee ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya, meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit setempat, 18 Desember 2017. Kepergian Jonghyun yang tragis membuat keluarga dan rekan-rekannya di SHINee terpukul.

Sebuah laporan dari kepolisian menyebutkan Jonghyun tewas akibat keracunan gas karbonmonoksida. Kabar lain mengatakan, Jonghyun tergeletak tak sadarkan diri, sempat dibawa ke rumah sakit. Dalam perjalanan, member SHINee ini menghembuskan napas terakhir.

Setelah sempat simpang siur, akhirnya beberapa fakta mengenai kematian Jonghyun terkuak. Sang idol memutuskan mengakhiri hidupnya dengan menghirup asap briket atau arang, menghasilkan gas beracun.

Meninggalnya Jonghyun SHINee memang meninggalkan duka bagi keluarga, sahabat, dan para penggemarnya. (foto: instagram.com/smtown)

Jonghyun sempat membuat pesan terakhir serta menyelesaikan pekerjaannya sebelum memutuskan bunuh diri. Ia bahkan meninggalkan harta warisan untuk keluarganya dan mendonorkan organ tubuhnya.

"Orang melakukan bunuh diri bukan karena ingin mati, melainkan ingin menghilangkan kesedihan dan penderitaannya," tulis sepenggal pesan Jonghyun.

Fakta mengenai kematian Jonghyun itu membuat fans SHINee yang disebut Shawol berduka. Mereka tak menyangka Jonghyun pergi untuk selamanya.

SHINee (Naver)

Selama ini, Jonghyun memang menampilkan senyuman hangatnya di depan publik. Fans tak menyangka, Jonghyun menyimpan kepedihan sesorang diri, menyebutkan dirinya mengalami depresi.

Beberapa dari Shawol pun mengungkapkan kesedihan mereka di media sosial, Twitter atau Instagram. Akhirnya, #RIPJonghyun menjadi trending topic.

 

3 dari 7 halaman

Taeyang Big Bang Tunangan

Kisah cinta Taeyang Big Bang dan Min Hyo Rin cukup lama tak terdengar kabarnya. Asmara yang terjalin antara keduanya dikabarkan berjalan tak mulus. Beberapa kali Taeyang dan Min Hyo Rin dilaporkan mengalami putus-nyambung.

Kisah Taeyang dan Min Hyo Rin diawali dengan cinta lokasi. Keduanya bertemu dalam pembuatan videoklip di tahun 2013. Tak lama, mereka berpacaran secara diam-diam.

Beberapa saksi mata menyebutkan, Taeyang dan Min Hyo Rin sering menghabiskan momen bersama di Pulau Jeju. Mereka sangat berhati-hati agar hubungannya tak tercium publik.

Taeyang (The K1)

Bahkan, lagu "Eyes Nose Lips" yang dibuat Taeyang pada 2014 silam ditujukan untuk Min Hyo Rin saat keduanya putus. Tak lama, personel Big Bang itu dan Min Hyo Rin kembali merajut kisah cintanya.

Pada 2015, Taeyang mengumumkan tengah berpacaran dengan Min Hyo Rin. Namun sejak pengumuman itu, hubungan mereka tak lagi tercium publik. Hingga baru-baru ini, Taeyang dan Min Hyo Rin dikabarkan telah putus.

Kini, Taeyang Big Bang dan Min Hyo Rin siap naik ke jenjang yang lebih serius, dikabarkan menikah pada Februari 2018.

Min Hyo Rin (Pinterest)

Sebelum wamil, member yang tahun ini berencana menikahi kekasihnya, Min Hyo Rin. Pada 18 Desember 2017, Taeyang mengumumkan telah bertunangan dengan Min Hyo Rin, melangsungkan pernikahan di tahun 2018.

"Aku berencana mendaftarkan pernikahanku secara hukum," sebut Taeyang mengumumkan rencana pernikahannya.

4 dari 7 halaman

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Menikah

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah, 31 Oktober 2017. Dalam perhelatan yang diadakan di Hotel Shilla di Seoul, Korea Selatan, pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo terlihat sederhana tapi sakral.

Dengan dekorasi minimalis, pernikahan dipenuhi bunga yang indah sepanjang jalan menuju altar. Sebuah sumber menyebutkan, pesta pernikahan mulai dari dekorasi hingga gaun pengantin merupakan impian Song Hye Kyo.

Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sempat menjadi pembicaraan di jagat dunia maya, trending topic di Twitter. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri keluarga, kerabat hingga sahabat kedua mempelai, banyak juga orang ternama di industri hiburan Asia.

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo (Instagram)

Laman KoreaBoo menuliskan, bunga tangan pengantin yang dipegang Song Hye Kyo sangat langka, berharga fantastis. Bunga tersebut juga dipegang oleh istri Pangeran William dari Inggris, Kate Middleton.

Bunga yang disebut Lily Of The Valley diibaratkan sebagai lambang kesederhanaan, hanya tumbuh di musim semi. Sulit didapatkan di Korea Selatan.

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Resmi Menikah [foto: instagram/4ever_kikyo]

Salah satu momen tak terlupakan di pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, saat sahabat Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, yang juga aktor tampan, Park Bo Gum, menunjukkan kemampuan permainan pianonya. Ia memberikan penampilan khusus di pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

Rupanya kejutan diberikan aktor Park Hyung Sik yang menyanyi dengan iringan permainan piano Park Bo Gum. Tamu undangan yang hadir di pesta pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sempat terkejut dengan kemampuan Park Bo Gum dan Park Hyung Sik.

5 dari 7 halaman

Kim Joo Hyuk Kecelakaan Mobil

Kim Joo Hyuk, aktor asal Korea Selatan, kecelakaan mobil, 30 Oktober 2017. Kim Joo Hyuk dinyatakan tewas setelah mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan.

Dari rekaman video yang beredar, mobil Kim Joo Hyuk seperti kehilangan kendali dan melaju dengan cepat ke sebelah kanan hingga menabrak sebuah dinding apartemen.

Kim Joo Hyuk (Soompi)

Sayangnya nyawa Kim Joo Hyuk tak bisa diselamatkan. Sang aktor dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Kabar mengenai penyebab kematian Kim Joo Hyuk sempat simpang siur. Salah satunya, menyebutkan, Kim Joo Hyuk mengalami serangan jantung terlebih dahulu sebelum kecelakaan.

Namun hal itu dibantah oleh pisak kepolisian yang mengeluarkan hasil autopsi. Kim Joo Hyuk meninggal dunia setelah mengalami benturan keras di kepalanya.

Kondisi mobil Kim Joo Hyuk yang ringsek setelah kecelakaan (Naver)

Tak ditemukan jejak penggunaan obat-obatan terlarang atau minuman alkohol dalam darah Kim Joo Hyuk. Namun pihak kepolisian bingung alasan Kim Joo Hyuk mengendarai mobilnya seperti ugal-ugalan.

Pihak berwajib menyatakan, masih akan melakukan penydikan lebih lanjut. Mereka tidak akan mengumumkan kepada publik sebelum semua bukti kuat terkumpul.

 

6 dari 7 halaman

3 Member Girls Generation Hengkang

Setelah mampu bertahan hingga satu dekade, tiga personel SNSD mengumumkan tak akan melanjutkan kontrak dengan SM Entertainment, pertengahan 2017 ini.

Adalah Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun yang memutuskan hengkang dari girlband yang membesarkan namanya. Meski kehilangan member, SM Entertainment menyatakan SNSD tidak akan bubar.

Sebelum kabar tersebut menyeruak, beberapa kali SNSD memang dikabarkan akan bubar, apalagi setelah Jessica Jung, salah seorang personelnya, hengkang pada 2014 silam. Isu itu selalu ditepis pihak SM Entertainment.

Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun hengkang dari Girls Generation pada pertengahan 2017 ini (Soompi)

Taeyeon menyadari posisi Girls' Generation yang telah menjadi senior di industri hiburan. Hal tersebut membuat Taeyeon bangga, tapi di sisi lain merasa ketakutan. Di tengah kabar buruk, personel SNSD yang disebut dengan SONE ternyata masih memberikan dukungan penuh. 

Buktinya, Girls Generation disebut-sebut memiliki jumlah penggemar yang paling banyak berdasarkan jumlah data yang dihimpun. Sebuah laporan menyebutkan, diwartakan Nate, baru-baru ini, SONE itu banyak memenuhi fan cafe atau situs tempat penggemar suatu idola berkumpul.

Girls Generation (Soompi)

Biasanya di fan cafe, penggemar merasa memiliki satu hati, serta berbagi kabar mengenai idolanya. Selain itu, pembicaraan mengenai album terbaru hingga gosip teranyar pun juga menjadi hal yang paling menarik dalam fan cafe.

SONE banyak memenuhi situs fans Naver berjumlah 266.128. Sementara, Daum dengan total 248.315. Jumlah seluruh penggemar SNSD di fan cafe tersebut 514.443.

 

Artikel Selanjutnya
Sebelum Terkenal, Ini Pekerjaan 6 Idol K-Pop Demi Menyambung Hidup
Artikel Selanjutnya
Penyanyi Noh Ji Hoon Umumkan Pernikahan dan Kehamilan Kekasih