Sukses

Inul Daratista Antar Anak Didik Juarai Bintang Pantura 4

Liputan6.com, Jakarta Grand Final 4 Bintang Pantura 4 Indosiar sukses digelar Minggu (27/8/2017) tadi malam. Sang juara baru Bintang Pantura pun telah lahir. Berjalan sengit sejak ronde pertama yang diiringi kejar-kejaran SMS, salah satu grand finalis akhirnya dinobatkan sebagai pemenang.

Anak didik siapa yang akhirnya menyabet gelar juara? Berikut ini ulasan jalannya Grand Final 4 Bintang Pantura 4 tadi malam.

Seperti diketahui, Grand Final Bintang Pantura tahun ini berbeda dengan di tiga musim sebelumnya yang diisi tiga orang. Kali ini, ada empat peserta yang berkesempatan merengkuh gelar sang juara. Keempat grand finalis tersebut adalah Ratu (Tegal) dan Fitri (Banyuwangi), anak didik Inul Daratista, Aly Aksyar (Ciamis) anak didik Nassar, dan Qiki (Garut) anak didik Iyeth Bustami. Karena itu, peraturan di Grand Final pun dirombak total. Ada tiga ronde yang harus dijalani keempat grand finalis.

Di ronde pertama, setelah semua peserta menyanyikan sebuah lagu, polling SMS pun ditutup setelah peserta terakhir. Peserta dengan polling sms terendah langsung dinobatkan menjadi juara 4. Dari ronde pertama ini, Ratu yang menempati posisi terakhir dalam daftar polling SMS-lah yang mendapat juara 4 Bintang Pantura 4.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Data Polling

Berikut ini, data polling SMS di Ronde 1.

1. Qiki: 30,63%
2. Fitri: 28,54%
3. Aly: 22,10%
4. Ratu: 18,73%

Dilanjutkan dengan ronde kedua yang diikuti oleh tiga peserta tersisa. SMS terakhir dihapus dan dihitung kembali dari nol. Seperti dengan ronde pertama, di akhir ronde kedua untuk menentukan juara 3 berdasarkan polling SMS. Di ronde kedua ini, mimpi Aly untuk jadi juara Bintang Pantura 4 pun harus kandas. Pasalnya, Aly menjadi penerima SMS terendah. Otomatis, Aly juga langsung dinyatakan sebagai juara 3.

Berikut ini, data polling SMS di Ronde 2.

1. Fitri: 39,36%
2. Qiki: 33,9%
3. Aly: 26,74%

Jika di dua ronde sebelumnya tampil solo, dua grand finalis yang masih bertahan kemudian ditantang berduet dengan mentor masing-masing di ronde ketiga atau disebut Ronde Final. Qiki tampil pertama berduet dengan Iyeth Bustami menyanyikan lagu "Kandas". Sementara Fitri bersama Inul Daratista membawakan lagu "Buaya Buntung".

3 dari 3 halaman

Pengumuman Bintang Pantura

Pengumuman juara Bintang Pantura 4 akhirnya tiba. Hasilnya benar-benar di luar dugaan. Gelar juara ternyata direbut Fitri, setelah raihan SMS-nya memimpin polling terakhir. Fitri sukses mengumpulkan SMS sebesar 54,96 persen, meninggalkan jauh pesaingnya yang notabene lebih dijagokan. Qiki yang tak hanya diunggulkan tapi juga sudah difavoritkan sebagai calon juara sejak awal di Bintang Pantura 4, hanya meraup SMS sebanyak 45,04 persen.

Atas kemenangannya, Fitri pun berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta, sedang Qiki yang menjadi juara 2 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 75 juta. Meski gagal juara, Qiki tetap bahagia lantaran mendapat hadiah tambahan berupa sebuah single dari sang mentor. Sebelumnya, Iyeth Bustami sudah menjanjikan akan memberi single untuk anak didiknya yang mampu masuk ke Grand Final 4. Sementara itu, Aly dan Ratu yang masing-masing menjadi juara 3-4, mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta dan Rp 25 juta.

Di sisi lain, kemenangan Fitri sendiri meneruskan kedigdayaan Inul Daratista sebagai mentor paling sukses di Bintang Pantura. Empat juara dari empat penyelenggaraan ajang pencarian bakat nyanyi khusus Pantura itu, lahir dari asuhannya. Tangan dingin Inul, juga mata jelinya dalam memilih anak didik, layak mendapat acungan jempol. Selamat, Inul Daratista dan Fitri!