Sukses

Ini Penyebab Bartje Van Houten Meninggal Dunia

Indonesia kehilangan seorang musisi legendaris, Bartje Van Houten, gitaris grup band D'Lloyd.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kehilangan musisi legendaris, Bartje Van Houten, gitaris grup band D'Lloyd. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (5/5/2017) siang. Kabar yang berembus, Bartje Van Houten meninggal dunia karena penyakit jantung.

Anak pertamanya​, Jimmy Van Houten, menjelaskan bahwa tidak ada indikasi mendiang mengidap sakit jantung. Dari pihak rumah sakit pun belum bisa memastikan penyebab mendiang meninggal dunia.

"Belum sampai rumah sakit sudah pergi, jadi pas sampai rumah sakit diperiksa nggak ada definisi, gimana mau diobservasi orang sudah nggak ada. Susah," terang Jimmy Van Houten saat ditemui di rumah duka St. Carolus, Jumat (5/5/2017).

Ia mengatakan, semasa hidup, Bartje Van Houten seorang perokok aktif. Selama itu, ayahnya tak pernah bermasalah dengan jantung dan paru-paru, organ tubuh yang biasanya bermasalah karena rokok.

 

"Enggak ada sama sekali, enggak ada. Enggak pernah masuk rumah sakit sama sekali, mungkin memang sudah waktunya saja," Jimmy Van Houten menjelaskan.

Semasa hidup, Bartje Van Houten dikenal sebagai pemusik, penulis lagu, penata musik dan dedengkot grup musik D'Lloyd yang ngetop di tahun 1970-an. Selain Bartje van Houten (gitar), grup D'Lloyd yang berdiri tahun 1969 dan mulai masuk dapur rekaman pada 1972 itu terdiri dari Sjamsuddin yang lebih dikenal dengan nama Syam D'Lloyd (vokal), Chairul (drum), Totok (bas), Budi (kibor), dan Yuyun (saksofon/flute) yang masuk pada 1995 menggantikan Andre Gultom yang lebih dulu meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini