Sukses

Misteri Batu Abadi di Film Marvel Terjawab dalam Thor: Ragnarok?

Thor: Ragnarok diharapkan bisa membongkar misteri batu abadi yang selama ini berseliweran di beberapa film superhero Marvel.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu daya tarik film-film superhero Marvel adalah kehadiran Infinity Stones (yang diterjemahkan sebagai Batu Abadi) yang diungkapkan sejak film Avengers: Age of Ultron. Kehadiran Batu Abadi pun sudah dirasakan sejak film Thor ketika Tesseract diperkenalkan untuk pertama kali sebelum menjadi benda penting dalam The Avengers.

Seperti kita ketahui, selama November 2016, film Doctor Strange diputar di hampir seluruh bioskop dunia. Salah satu hal yang cukup mengejutkan adalah munculnya Batu Abadi dalam film tersebut. Kontan, misteri soal benda tersebut pun mulai terbuka secara perlahan.

Benedict Cumberbatch dalam Doctor Strange. (Heroichollywood.com / Marvel / Disney)

Batu Abadi yang sudah diperlihatkan antara lain terdapat dalam berbagai benda: Tesseract (Captain America: The First Avenger dan The Avengers), Aether (Thor: The Dark World), Orb (Guardians of The Galaxy), Tongkat Kerajaan atau Sceptre milik Loki yang kemudian menghidupkan Vision (Avengers: Age of Ultron), dan salah satu benda ajaib di film Doctor Strange.

Dalam komik dan serial animasinya, Marvel menciptakan enam buah Batu Abadi yang kemudian digunakan oleh Thanos (karakter Guardians of the Galaxy) untuk menginvasi manusia di Bumi. Melihat daftar di atas, baru lima batu yang sudah diperlihatkan oleh Marvel dalam film-filmnya.

Sosok jahat selain Thanos di film Avengers: Infinity War Part 1, kabarnya adalah Magus. Siapa dia?

Lalu di mana kira-kira Batu Abadi keenam sekaligus terakhir? Berbagai desas-desus menyebutkan bahwa batu yang disebut sebagai Soul Stone (Batu Jiwa) tersebut ada di dalam diri Heimdall, karakter dalam film-film Thor.

Seperti disampaikan Comicbook.com, terdapat teori bahwa Batu Abadi terakhir akan sangat kental dengan mitologi Norwegia. Dalam mitologinya, Odin memberi Heimdall penglihatan, sementara mata Heimdall dalam film-film Marvel memiliki warna oranye.

Dalam film Thor: The Dark World, Heimdall mengatakan bahwa ia dapat melihat seluruh jiwa di sembilan alam. Lalu, sebuah adegan yang memperlihatkan visi Thor dalam Avengers: Age of Ultron, Heimdal tak dapat melihat. Sebuah teori menyebut kalau Thanos nanti akan mengambil Batu Abadi dari mata Heimdall.

Bintang Thor, Idris Elba menyatakan bahwa karakternya, Heimdall akan hadir bersama Loki (Tom Hiddleston) di Avengers: Age of Ultron.

Teori lain yang memperkuat pendapat tersebut adalah inisial benda-benda (dalam bahasa Inggris) yang di dalamnya terdapat Batu Abadi. Bila disatukan, akan membentuk kata Thanos: T dari Tesseract, A dari Aether, N dari Necklace (kalung), O dari Orb (bola), dan S dari Sceptre. Sehingga, tersisa huruf H yang bisa diisi oleh "Heimdall".

Namun untuk membuktikan benar atau tidaknya teori tersebut, kita harus bersabar sampai ditayangkannya film ketiga Thor, Thor: Ragnarok yang dijadwalkan tiba pada 3 November 2017. Batu Abadi akan dikupas kembali dalam Avengers: Infinity War yang akan tiba pada 4 Mei 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.