Sukses

Tak Bisa Main Alat Musik, Begini Cara Tulus Ciptakan Lagu

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki suara emas, Tulus juga pandai menciptakan lagu. Padahal, penyanyi bertubuh subur ini tak bisa memainkan alat musik. Lalu, bagaimana cara Tulus menciptakan lagu?

Menurut Tulus, tak bisa memainkan instrumen musik bukan suatu hambatan untuknya dalam menciptakan lagu. Tulus punya cara sendiri agar bisa menghasilkan nada-nada yang indah untuk membalut lirik yang ia buat menjadi sebuah lagu.

Tulus dan Raisa saat melakukan latihan bareng untuk HUT SCTV ke-25. [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

"Saya pakai bank nada. Setiap orang kan punya memori kolektif, tapi beda-beda. Kebetulan ketertarikan saya sama nada," ujar Tulus, ditemui di acara konfrensi pers konser mini JOOX Live, di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Tulus menambahkan, jika ia memiliki lirik yang dirasa bagus, ia langsung memadupadankan lirik tersebut dengan nada indah yang ada di dalam otaknya. Dari situlah pelantun Pamit ini bisa menciptakan sebuah lagu.

"Jadi kalau saya nulis lagu, apa yang ada di otak saya rangkai dengan lirik dan nada, jadilah lagu," ungkap Tulus.

Tulus [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Tulus sempat ingin mempelajari salah satu alat musik untuk mendukungnya menciptakan lagu. Namun setiap dicoba, cowok 28 tahun ini merasa tak pernah bisa. Menurut banyak orang, Tulus tak punya bakat bermain musik.

"Saya pernah belajar main gitar, tapi kata guru gitar, saya enggak punya bakat. Main piano kata guru les saya enggak bisa juga. Jadi saya nyanyi aja deh," kata Tulus tertawa. (Pur/fei)