Sukses

Ini Dia Perbedaan Elif Indonesia dengan Elif Turki

Elif Indonesia mengadaptasi serial Elif Turki yang begitu fenomenal di Tanah Air, apa perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Serial Turki, Elif begitu mewabah di Tanah Air. Berangkat dari kesuksesan Elif Turki yang begitu fenomenal, SCTV menghadirkan drama keluarga Elif versi Indonesia.

SCTV bekerjasama dengan Screenplay Production memproduksi Elif Indonesia yang diadaptasi langsung dari Elif Turki. Lantas apa perbedaan dua serial drama keluarga beda negara ini?

 Serial Turki yang tayang di SCTV dilaporkan masuk dalam ketegori di Seoul Drama Awards 2015

Harsiwi Achmad selaku Direktur Produksi dan Program SCTV menjelaskan Elif Indonesia lebih dari sekadar cerita adaptasi lantaran begitu banyak kejutan yang disuguhkan.

"Ini sinetron resmi yang kami beli. Mengadaptasi bukan berarti mengambil begitu saja, kami juga harus menyesuaikan dengan budaya di Indonesia. Seperti di Elif Turki kalau marah begitu keras, di sini nggak sekeras itu," ujar Harsiwi saat jumpa pers di SCTV Tower, Senayan, Kamis (28/1/2016).

Perbedaan lainnya terdapat pada nama karakter yang diganti lantaran menyesuaikan dengan nama Indonesia. Tugce diganti menjadi Tasya, Melek diganti menjadi Malika, Arzu diganti menjadi Anne, Zeynep menjadi Zainab, Gonca menjadi Iis, dan Murat menjadi Mansyur.

Nicole Elizabeth Rossi, gadis cilik yang memerankan serial Elif versi Indonesia. (Foto: Liputan6.com / Herman Zakharia)

Selain itu, theme song hingga latar tempat Elif Indonesia juga berbeda, disesuaikan dengan keadaan di sini. Harsiwi Achmad pun mengaku butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mempersiapkan Elif versi Indonesia.

"Kami butuh waktu panjang karena kami memikirkan persoalannya ketika adaptasi, orang sudah tahu cerita Elif sebelumnya, kami buat tidak jauh berbeda, tetapi harus tetap ada unsur Indonesia. Ada workshop buat para pemain," tutur Harsiwi.

Para pemain serial Elif Indonesia (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Elif Indonesia akan tayang perdana pada 1 Februari 2016. Sinetron ini akan hadir setiap hari menemani pemirsa SCTV mulai pukul 17:30 WIB. (Fir/Rtn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.